Taman Kota

Wisata (ke) Taman Kota

Kota Surabaya memiliki banyak taman kota. Taman-Taman tersebut terdiri dari ;  “Taman view” dan Taman Aktif. Taman View merupakan taman kota yang hanya menampilkan keindahan saja. Sedangkan taman aktif merupakan, taman yang memiliki ruang bagi pengunjung taman melakukan beragam aktivitasnya. Aktivitas wisata maupun olah raga.

Mengingat banyaknya jumlah taman kota yang bertebaran di penjuru di kota surabaya, maka kita membatasi diri hanya membahas taman kota aktif atau semi aktif.  Kami mencatat jumlah taman aktif di kota surabaya sebanyak 23 buah taman. Dari sekian banyak taman kota tadi, hanya beberapa taman yang menjadi favorit bagi warga surabaya untuk wisata.

Berikut ini wisata surabaya berupa wisata taman yang menjadi tempat populer bagi warga surabaya, plus pembahasan perlengkapan wisata taman kota:

Pintu Masuk Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya

Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya

Taman Satwa Kebun binatang surabaya atau disingkat KBS, Tempat Wisata Surabaya ini adalah salah satu kebun binatang yang populer di Indonesia. Obyek wisata surabaya ini terletak di jalan stail no. 1  surabaya.

KBS memiliki berbagai jenis binatang tropis. Selain itu terdapat pula Aquarium, karatina toxidemi dan ruang nokturama (binatang malam).

KBS merupakan salah satu kebun binatang terbesar seasia tenggara. Didalamya terdapat lebih dari 300 spesies satwa yang berbeda dan terdiri dari 4300-an binatang. termasuk di dalamnya binatang satwa langka di indonesia  Maupun dunia. Satwa tersebut terdiri dari mamalia, aves, reptil dan pisces.

Taman Bungkul

Taman Bungkul

Pada 21 Maret 2007  Taman Bungkul resmi di buka untuk Umum. Inilah taman kota yang pertama kali dibangun oleh pemerintah kota surabaya. Terletak di jalan protokol yakni di Jl. Raya Darmo. Dengan luas Area seluas 900 m2.

Dana yang dibutuhkan untuk membangun taman surabaya ini sekitar Rp 1,2 milyar.

Konsep taman bungkul ini adalah Sport, Education, dan Entertainment. Dilengkapi berbagai fasilitas, seperti arena bermain skateboard dan sepeda BMX track, jogging track, plaza (sebuah open stage yang bisa digunakan untuk live performance berbagai jenis entertainmen), telepon umum, area green park seperti kolam air mancur, dan area pujasera terletak di belakangtaman.

Taman Flora Bratang

Taman Flora Bratang

Salah satu taman kota surabaya yang memiliki lahan cukup luas adalah taman flora bratang. Bagi warga surabaya taman flora lebih familiar dengan sebutan kebon bibitTaman Flora Bratang memiliki luas 33.810 m2 dan diresmikan Agustus 2007. Berlokasi di Jl. Raya Manyar.

Sebelum dibangun taman surabaya, tempat ini dulunya merupakan tempat pembibitan tanaman untuk taman kota, sehingga waktu itu dikenal dengan sebutan kebon bibit.

Di Objek Wisata Surabaya ini anda bisa mendapati kerapatan vegetasi (tanaman) yang lebih tinggi dari taman kota lainya. Dari tingkat kerapatan vegetasinya dan keaneka ragaman jenis flora kita layaknya berada di kebun raya mini. Bagian taman surabaya yang mirip dengan kebun raya mini berada di sebelah selatan taman.

Area Play ground juga berada di bagian taman kota sebelah selatan ini. Terdapat wahana bandulan dan bermacam-macamwahana permainan lainya.

Sedangkan di sebelah utara taman kita bisa menikmati kebun binatang mini. Terdapat kandang rusa, sangkar burung berukuran cukup besar dan kolam ikan beserta air mancur.

Telaga Taman Flora Wonorejo

Telaga Taman Flora Wonorejo

Taman Flora wonorejo bukan hanya sekedar taman kota, namun juga kebun bibit. Tempat pembibitan dan perawatan berbagai tanaman untuk menyokong kebutuhan penghijauan kota surabaya. Setelah kebun bibit bratang berubah menjadi taman kota, tugas kebun bibit bratang di ambil alih Taman flora wonorejo.

Lahan taman flora wonorejo sendiri yang luasnya sekitar 5,9 hektare merupakan lahan hasil tukar guling dengan lahan kebun bibit bratang yang dijadikan kompleks pertokoan bratang.

Namun beda dengan kebun bibit bratang yang berubah menjadi taman flora bratang, bukan lagi sebagai tempat pembibitan, kebun bibit wonorejo masih tetap sebagai tempat pembibitan dan perawatan tanaman, serta tempat wisata keluarga yang cukup menyenangkan. lahan taman flora bratang terbagi dua area, dari pintu masuk arah kanan kita adalah tempat pembibitan dan perawatan tanaman, sedangkan kiri kita area wisata keluarga.

Taman Surya

Taman Surya

Taman Surya satu komplek dengan Balai Kota Surabaya, terletak di jalan Taman surya No. 1. Tepatnya terletak di halaman depan balai kota. Balai kota sendiri merupakan kantor pemerintah kota surabaya.  Gedung balai kota termasuk salah satu bangunan cagar budaya yang ada di surabaya.

Di lihat sekilas taman ini termasuk taman view, menonjolkan keindahan tanaman hias. Banyak ruang kosong di taman surya di biarkan tanpa tanaman, lantainya pun paving blok. Fasilitas yang di miliki taman ini hanya 2 buah kolam air mancur dan jogging track.

Biarpun minim fasilitas bagi pengunjung taman, namun kenyataanya pengunjung taman surya dapat melakukan beragam aktifitas di taman. Aktifitas pengunjung di lakukan di ruang kosong  tanpa tanaman  di taman. Di pagi hari taman surya di gunakan untuk berolah raga serta rekreasi dan malam harinya di gunakan anak muda untuk hang out serta anak-anak  kecil bermain air di kolam air mancur depan pintu masuk.

Taman Apsari dan Monumen Gubernur Suryo

Taman Apsari dan Monumen Gubernur Suryo

Taman Apsari merupakan salah satu dari 3 taman peninggalan belanda. Taman peninggalan belanda lainya yaitu taman surya dan taman jayengrono.

Di jaman belanda taman apsari bernama Taman Simpang atau Kroesen Park.  Nama Taman Simpang karena lokasi lahan taman berada bernama simpang. Sekarang lahan taman berubah nama menjadi Jl, Pemuda. Sedangkan nama Kroesen Park diambil dari nama Residen J.C. Th. Kroesen yang berkuasa di tahun 1888-1896.

Pada tahun 1795 taman apsari di bangun bersamaan dengan dibangunya gedung grahadi. Kala itu penguasa tunggal (Gezaghebber) Belanda Dirk Van Hogendorp (1794-1798) beranggapan bahwa tempat kediaman resminya di dekat Jembatan Merah kurang sesuai dengan kedudukannya. Ia memilih sebidang lahan di tepi Kalimas untuk membangun sebuah rumah taman yang lebih representatif.

Pada awalnya Letak taman apsari pada jaman itu berada di belakang gedung grahadi, gedung grahadi sendiri menghadap ke arah kalimas (utara). Namun pada tahun 1802 gedung grahadi berubah menghadap ke selatan seperti sekarang ini. Akibatnya taman apsari yang dulu lokasinya berada di belakang gedung grahadi berubah menjadi di depan.

Taman Mundu

Taman Mundu

Depan stadion gelora 10 nopember Surabaya terdapat taman, tamanmundu namanya. Kita bisa berkunjung ke Taman Kota ini setiap saat baik siang maupun malam. Namun lebih baik kita berkunjung di malam hari, karena di malam hari taman surabaya ini lebih germelap dengan ornamen lampu hias, serta bisa melihat atraksi air mancur.

Ikon Taman ini adalah atrkasi air mancur yang di iringi sorot lampu berwarna-warni.

Selain fasilitas taman yang beragam, lokasi taman ini berdekatan dengan 2 bangunan cagar budaya; Lapangan Tambaksari dan Museum Wafat WR. Supratman.

Sebelah barat taman kota ini terdapat pemukiman warga, mayoritas penghuninya keturunan cina. Di pemukiman ini pula terdapat museum rumah wafat pencipta lagu kebangsaan Indonesia; Bapak WR. Supratman. Tepatnya di jalan mangga no. 21. Berjarak 500 meter daritaman mundu. Anda bisa baca “museum rumah wafat wr.supratman” .

Anda bisa masuk ke taman surabaya dari pintu masuk manapun, namun jika kitamasuk dari pintu depan, dari jalan tambaksari. kita akan disambut  atraksi air mancur dari dua kolam air mancur yang terletak di depan tamansurabaya. Semburan air mancur di iringi sorotan lampu, sehingga air mancurnya kelihatan berwarna-warni.

Taman Jayengrono

Taman Jayengrono

Nama taman ini di ambil dari nama bupati pertama di surabaya. Taman jayengrono dibuat untuk mengenang semanggat perjuangan arek-arek surabaya pada pertempuran dahsyat di kawasan jembatan merah.

Luas lahan Taman Surabaya ini seluas 5.300 meter persegi. Terletak dekat dengan terminal jembatan merah, jembatan merah plaza dan gedung-gedung bersejarah, gedung cerutu, gedung internatio, gedung garuda dan lain sebagainya. View bangunan cagar budaya ini merupakan keistimewaan taman jayengrono.

Berada di dalam taman ini kita akan menemukan banyak bangunan kolam dan pilar-pilar yang berdiri berjajar di pinggir taman.

Selain bertujuan untuk memorial park taman kota ini bisa dijadikan alternatif pusat aktifitas warga kota. Disebelah pintu utara terdapat area bermain anak-anak, berupa kolam pasir dan dua jalur pijat refleksi, di antara dua kolam. Jalur pijat refleksi ini berada jalur masuk pintu masuk timur.

Sering kali Ketika anda berwisata ke taman kota, anda mengabaikan membawa perlengkapan wisata. Hal ini terjadi karena berkunjung ke taman kota merupakan perjalanan biasa, bukan kegiatan wisata. Ada baiknya anda tetap mempersiapkan membawa perlengkapan wisata, seperti anda berwisata ke obyek wisata lainnya

Namun, jika anda telah mempersiapkan peralatan yang akan anda bawa, ada baiknya anda mengecek kembali, apakah anda sudah membawa 5 alat berikut ini? kami menyarankan membawa alat sederhana ini untuk membantu anda menikmati dan membuat anda nyaman saat wisata.

Perlengkapan tersebut antara lain ;

  1. Tikar (matras) atau Kursi Lipat
  2. Kamera
  3. Camilan
  4. Air Minum
  5. Mini Toilet

Untuk mengetahui taman-taman kota surabaya lebih jauh, anda dapat kunjungi “Pesona Taman Kota Surabaya”.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s