Wisata Air

Berdasarkan letak georafis kota surabaya berada di pinggir pantai dan memliki sungai besar yang melintas dan membelah kota surabaya. Keberadaan pantai dan sungai ini mendapat perhatian pemerintah kota untuk menjaga kelestariannya dan menjadikan destinasi wisata air. Pemerintah kota surabaya mempercantik sungai kalimas dengan membangun taman-taman indah di bantaran sungai. Menjadikan sungai kalimas sebagai tempat olah raga air dan menyediakan perahu-perahu menyusuri kalimas.

Pemerintah kota juga menjaga keberadaan hutan mangrove di bibir pantai, kemudian menjadikan ekowisata mangrove. Tidak hanya itu masih banyak tempat-tempat wisata air di surabaya yang memanfaatkan pantai, laut dan sungai yang ada di kota surabaya, atau wisata air yang tidak terkait dengan pantai dan sungai,  berupa permainan wahana air.

Berikut ini tempat-tempat wisata air yang berada di surabaya;

Hutan Mangrove Wonorejo

Hutan Mangrove Wonorejo

Kota surabaya merupakan kota metropolitan. Sebagai kota metropolitan, banyak bangunan-bangunan didirikan kita seakan-akan berada di hutan beton,  namun kota surabaya juga memiliki hutan lain, hutan mangrove.  Oleh pemerintah surabaya hutan mangrove ini dijadikan Ekowisata Mangrove, letaknya  di kawasan Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya). Tepatnya di Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Rungkut. Di sana kita bisa menikmati wisata alam berupa hutan mangrove yang berada di sepanjang sungai dan sekitar muara sungai.

Secara geografis maupun ekologis, kawasan Pamurbaya memiliki fungsi yang sangat penting bagi Kota Pahlawan. Salah satunya adalah mencegah ancaman intrusi air laut. Keberadaan hutan mangrove di Pamurbaya juga memiliki fungsi menetralisir limbah terutama logam berat yang masuk ke laut.

Keberadaan hutan mangrove ini mampu menyedot kedatangan 147 spesies burung. Dari 84 spesies burung yang diketahui menetap di Pamurbaya, 12 spesies termasuk jenis yang dilindungi. Jenis burung tersebut tidak hanya burung air seperti kuntul perak, pecuk hitam, mandar padi, mandar batu, dan kowak malam. Di sana juga sebagai tempat persingahan ribuan burung migran setiap tahun. Diketahui ada 44 jenis burung migran yang singgah di Pamurbaya. Burung tersebut kebanyakan asal Benua Australia menuju ke Eropa.

Selain burung di hutan mangrove juga terdapat populasi monyet jenis laut atau monyet berekor panjang. Tapi populasinya sedikit, sehingga tidak terlihat wisatawan yang sedang mengunjungi kawasan ini.

wp-1465271311873.jpegObyek wisata kenjeran ada 2 tempat, yaitu kenjeran Baru (Kenjeran Park) dan Kenjeran Lama. Kedua lokasi wisata ini berdekatan. Kali kita mengunjungi dan membahas kenjeran baru. Di wisata surabaya Kenjeran Park tersedia banyak pilihan hiburan yang bisa dinikmati. Mulai wisata air dan wisata religi.

Wisata air, kita berkunjung ke pantai dan kolam renang, sedang wisata religi, kita berkunjung ke Patung budha dengan Empat wajah.

Pelabuhan Kalimas

Pelabuhan Kalimas

Pelabuhan kalimas memiliki pemandangan kontras dengan pelabuhan tanjung perak yang berada di sebelahnya. Pelabuhan tanjung perak merupakan Pelabuhan Modern, sedang Pelabuhan kalimas merupakan Pelabuhan Tradisional. Pelabuhan Kalimas menyajikan pemandangan yang berbeda dan unik. Mulai dari pemandangan kapal-kapal tradisional. Perahu model pinisi bercorak model bugis anda bisa dengan mudah temukan disini.

Bongkar muat pun masih dengan cara tradisional, demikian halnya dengan barang-barang yang diangkut oleh kapal-kapal kayu ini.

Jembatan Suramadu sisi jalur Sepeda motor

Jembatan Suramadu sisi jalur Sepeda motor

Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (tepatnya kota Surabaya) dengan Pulau Madura (kabupaten Bangkalan, tepatnya timur Kamal). Nama “Suramadu” merupakan singkatan dari Surabaya dan Madura.  Jembatan Suramadujuga menjadi daya tarik bagi wisatawan. Pemandangan Selat Madura yang cantik pun terlihat sepanjang perjalanan.

Jembatan ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003, dan diresmikan pembukanya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 10 Juni 2009, dengan nama resmi Jembatan Nasional Suramadu. Panjangnya sekitar 5.438 meter dengan lebar kurang lebih 30 meter. Melintasi jembatan ini bagaikan berada di luar negeri. Megahnya desain jembatan berlatar langit biru yang indah memang membuat traveler dari luar Surabaya kepincut.

Ciputra waterpark Surabaya

Ciputra waterpark Surabaya

Ciputra Waterpark Surabaya merupakan salah satu water park (wisata air) terbesar di Indonesia dan tempat wisata populer di surabaya. Dengan luas area 5 hektar, berlokasi di kawasan citraland, surabaya barat. Sebuah kawasan yang disebut singapurnya surabaya.

Wahana Ciputra waterpark surabaya terinspirasi oleh kisah petualangan seorang tokoh dongeng bernama Sinbad, seorang petualang dalam cerita 1001 malam. Walaupun dibangun dengan konsep petualangan seorang tokoh dongeng, namun hampir semua wahana air yang ada di Ciputra waterpark Surabaya bisa juga dinikmati oleh kaum dewasa

Wisata air ini memiliki 7 wahana air, antara lain; Roc Tower Thunder Ride, Marina Lagoo, Sinbad’s Playground, Chimera Pool, Syracuse Beach, Sirens River.

Perahu wisata di taman prestasi

Perahu wisata di taman prestasi

Bila anda berkeinginan berkunjung ke taman bukan sekedar wisata taman, namun juga wisata air, anda dapat berkunjung ke taman prestasi, tempat yang tepat.

Taman kota ini memiliki luas sekitar 6.000 m2. Berlokasi dibantaran sungai kalimas, yang berada di jalan ketabang kali. Dibelakang gedung grahadi, rumah dinas gubenur jawa timur.

Begitu masuk ke dalam taman prestasi, kita dihadapkan 2 pilihan mau belok ke kiri, artinya ke arah timur taman atau belok ke kanan, artinya ke arah barat taman.

Bilamana tujuan kita adalah wisata air , maka arahkan langkah kita menuju arah timur taman. Setelah melewati lorong tanaman kembang kertas. Kita akan temui dermaga sungai. Di dermaga sungai ini terdapat beberapa perahu bersandar, salah satunya perahu naga. Sore hari banyak siswa berlatih mendayung perahu naga. Kita pun bisa menyusuri sungai kalimas dengan perahu. Namun terlebih dulu membeli tiket. Dengan rute perjalanan dari taman prestasi ke arah taman ekspresi, kemudian balik lagi.

Kapal Wisata Artama III

Kapal Wisata Artama III

Artama III (tiga) merupakan layanan kapal wisata bahari, dengan nama spesifikasi Artama Harbour Cruise. Kapal wisata ini milik PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) yang dioperasikan oleh Unit Perkapalan.

Kapal ini memiliki kapasitas kurang lebih 40 penumpang dan mempunyai kecepatan maksimum 12 knot. Dengan kapasitas yang tidak terlalu besar, maka privacy dan kenyamanan penumpang dapat terjaga. Dengan demikian memunculkan rasa kebersamaan & kekeluargaan diantara para penumpang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s