Museum

Daftar Museum Di Surabaya

Begitu banyak peristiwa bersejarah yang terjadi di Surabaya. Peristwa sejarah tersebut membuat kota surabaya menjelma menjadi kawasan wisata sejarah yang cukup populer. Salah satu bentuk wisata sejarah tersebut ialah Wisata Museum.

Kota Surabaya cukup banyak memiliki museum-museum yang menarik untuk dikunjungi. Berikut Daftar Museum-Museum di surabaya;

A. Museum-Museum Di Surabaya

Jl. Pahlawan, Surabaya Utara

Tugu Pahlawan dan Museum 10 Nopember

Tugu Pahlawan dan Museum 10 Nopember

Museum  10 nopember diresmikan oleh presiden KH. Abdurahman Wahid pada tanggal 19-2-2001. Museum Ini dibangun untuk memperkuat keberadaan Tugu Pahlawan. Arsitektur Museum 10 Nopember terbilang unik, dari luar tampak bangunan utama berbentuk limas laksana piramid, mirip sekali dengan museum Louvre yang ada di paris.

Keunikan lainnya bangunan museum dibenamkan di bawah tanah, hanya atapnya saja yang kelihatan. Hal ini supaya tidak menganggu pemandangan tugu pahlawan.

Sesuai dengan namanya museum 10 nopember, museum ini berisi memori dan artefak dari perjuangan arek-arek Surabaya yang heroik sebelum (pertempuran 3 hari) dan saat pertempuran 10 Nopember.

Jl. Taman Sampurna No. 6, Surabaya Utara

Museum sampurna

Museum Sampurna

Museum House Of Sampoerna berada di Komplek House Of Sampoerna di jalan taman sampurna no 6. Museum Sejarah Sampurna menempati Salah satu bangunan utama komplek House of Sampoerna. Bangunan kuno ini memiliki dua lantai buatan tahun1864. Pendiri sampurna Bapak Liem See tee membelinya pada tahun 1913 untuk rumah keluarga dan pabrik pertama.

Museum rokok house of sampurna ini merupakan museum swasta satu-satunya di surabaya. Museum ini  mengkoleksi perjalanan bisnis Pabrik Rokok Sampoerna. Mulai dari nol hingga menjadi pabrik rokok dengan merk terkenal.

Museum sampurna ini merupakan saksi serta mengajak kita memiliki semangat maju. Pantang menyerah menghadapi kendala apa pun demi mewujudkan mimpi kita.  Selamat berkunjung.

Jl. Indrapura 17, Surabaya Utara

Museum KEsehatan

Museum Kesehatan

Masyarakat umum menyebut museum ini dengan Museum Santet  karena di museum ini terdapat koleksi peralatan untuk menyantet. Museum  Kesehatandidirikan tahun 1990 an. Namun Museum baru diresmikan pada tanggal 14 September 2004 dengan dilengkapi perpustakaan khusus yang mengumpulkan dan menyajikan bahan pustakaan seperti : buku, majalah kaset rekaman, rekaman video dan lain-lain

Koleksi Museum ini mencakup semua benda-benda bersejarah dalam pelayanan kesehatan dari berbagai daerah, ras/etnis, agama/kepercayaan dll, telah diwujudkankan  dalam benda asli, benda tiruan, replika foto atau gambar.

Jl. Morokrembangan , Surabaya Utara Telp (931) 329 1092- 4 psw 4360

Museum TNI AL Loka Jaya Crana

Museum TNI AL Loka Jaya Crana

Museum TNI Al Loka Jaya Crana berada di morokrembangan, surabaya di lingkungan pusat pendidikan TNI Angkatan laut.

Pada awalnya Museum ini, bernama Museum Akabri Bagian laut didirikan pada tanggal 19 September 1969. Sesuai namanya, museum ini hanya diperuntukkan bagi Taruna Akabri Bagian Laut, sebagai media pembelajaran sejarah. Seiring dengan perkembangannya, pada tanggal 10 juli 1973 museum ini diganti nama menjadi Museum TNI AL. Lalu pada tanggal 6 oktober namany berubah lagi menjadi Museum Loka Jala Crana.

Museum ini memiliki koleksi benda-benda bersejarah yang digunakan semasa revolusi fisik, revolusi Trikora dan Dwikora, diantaranya koleksi kapal perang, pesawat, kendaraan tempur (tank amphibi dan tank PT 76) dan pasukan, senjata mulai dari pistol kuno laras panjang otomatis yang tidak mungkin ditemukan di tempat lain, amunisi, kaporlap, tanda-tanda jasa dan kehormatan, lambang-lambang dan bendera, koleksi berbentuk dokumen.

Jl. Mangga no 21 Kec Tambaksari-Surabaya Timur

Museum WR. Supratman

Museum WR. Supratman

Museum Rumah Wafat Wr. supratman, demikian nama lengkap museum ini. Museum ini merupakan rumah dimana komponis pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, Wage Rudolf  Soepratman meninggal. Museum ini berada di tengah-tengah pemukiman penduduk, tepatnya di jalan Mangga No 21 Surabaya.  Tidak jauh dari lokasi Taman Mundu, dari taman kota ini berjarak lebih kurang 500 meter menuju ke arah barat menuju perkampungan penduduk.

Bentuk museum ini berupa rumah yang begitu sederhana dengan ukuran 5x 10 meter menghadap ke arah timur. Dengan luas halaman yang sempit.  Halaman di hiasi taman mungil dan patung Supratman seukuran manusia memainkan biola.

Museum Nahdlatul Ulama

Museum Nahdlatul Ulama

Bangunan Museum Nahdatul Ulama (NU) berbentuk bundar  seluas 1000m2, serta menempati lahan seluas 300 m2. Museum berlantai 3 ini terletak di kawasan gayungsari timur, 300 meter arah timur Masjid Al Akbar, surabaya.

Koleksi museum NU meliputi benda-benda bersejarah yang perna di pakai para kyai dan para pejuang Nadhiyin pada masa perjuangan pergerakan nasionla dan dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Copy dokumen resolusi jihad yang berperan pentinga dalam pertempuran 10 nopember 1945, dokumen sejarah pendirian jam’iyah NU, syirkatul Amalia, kitab-kitab kuno yang ditulis oleh para kyai salaf, foto-foto ; sekolah NU di jalan kawatan, gedung tashwirul Afkar, para kyai dan bu nyai, serta alat kesenian yang di buat dan digunakan oleh warga Nu dalam acara-acara keagamaan.

Jalan Kembang Jepun no. 170

Bank Escompto

Museum Bank Mandiri

Gedung Museum Bank Mandiri menjadi satu dengan gedung Bank Mandiri Cabang Kembang Jepun. Area Museum menempati lantai 1, sedangkan lantai 2 gedung digunakan untuk operasional Bank Mandiri sehari-hari.

Gedung tua ini diarsiteki oleh Marius J Hulwit pada 1928. Beliau arsitek belanda yang terkenal, beliau juga mengarsiteki gedung-gedung Bank Escompto di kota besar lainya, begitu juga gedung de javache bank yang letaknya tidak jauh dari Bank Mandiri ini.

Museum ini mengisahkan sejarah perjalanan Bank Mandiri, sejak bernama Bank Escompto hingga berubah menjadi Bank Mandiri.

Jalan Kayoon No. 16-18, surabaya

Museum KankerMelihat koleksi milik museum kanker bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, bagaimana tidak kita melihat koleksi museum berupa jaringan organ tubuh yang terserang tumor atau kanker. Organ-organ tersebut diletakan di dalam toples yang berisi cairan formalin. Di museum ini terdapat beragam organ tubuh yang terkena kanker, mulai kanker payudara, mulut rahim, kanker paru-paru, kanker usus, hingga kanker ginjal pada anak-anak.

Namun dengan melihat koleksi museum kanker menimbulkan rasa lebih peduli terhadap kanker. Mengenali, mengetahui bahaya dan pencegahan serta mengobati penyakit kanker. Mengingat betapa pentingnya pengenalan terhadap penyakit kanker, alangkah baiknya anda agenda kan untuk mengunjungi museum ini.

Monumen dan Museum Jalesvvajayanahe

Monumen dan Museum Jalesvvajayanahe

Museum Jalesveva Jayamahe menjadi satu kesatuan dengan Monumen Jalesveva Jayamahe, yang kerap disebut dengan Monjaya. Letak Museum tepat berada di bawah Patung Jalesveva Jayamahe. Bangunan museum berupa gedung beton berbentuk bundar yang menopang Patung Perwira Angkatan Laut yang berada di atasnya.

Lokasi Museum berada di Markas Komando Armada Republik Indonesia Kawasan Timur (Koarmatim), Ujung Surabaya.

Di museum Jalesveva Jayamahe ini kita belajar mengenai  sejarah TNI AL  Indonesia. Terdapat video yang menampilkan  kehebatan TNI AL menjaga kedaulatan Indonesia, kekuatan-kekuatan yang dimiliki TNI AL diantaranya replika kapal-kapal TNI AL dan gambar-gambar berbagai jenis Tank dari Korps Marinir, beserta logo-logo Kapal Republik Indonesia Komando Armada Timur.

Setelah belajar mengenai sejarah TNI AL, di lantai atas museum kita bisa rehat sejenak dengan melihat pemandangan laut selat madura yang indah dengan kapal laut yang lalu lalang.

  • Museum Armada(Fleet House)

Markas Komando Armada Republik Indonesia Kawasan Timur (Koarmatim), UJung Surabaya.

  • Museum Seni Rupa

Jalan Karang Wismo 1 no. 10

  • Museum Bank Mandiri Indonesia

Jl. Garuda No.1 Surabaya, Telpn. 3531829

B. Peta Museum-Museum Di Surabaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s