Galeri Seni

Daftar Galeri Seni dan Budaya Surabaya

Kota surabaya memiliki beragam obyek wisata yang menarik, obyek-obyek wisata tersebut menawarkan pengalaman menarik dan menghibur anda.  Diantara beragam obyek wisata tersebut, sudahkah galeri seni dan budaya menjadi tujuan wisata anda.

Tahukah anda bahwa saat ini puluhan ribu orang menghabiskan hari liburnya dengan mengunjungi galeri seni dan budaya. Mereka tersebut bukan hanya dari komunitas pencinta seni, namun juga dari orang awam yang belum paham seputar seni. Seperti saya misalnya.

Lalu dimana kita bisa menikmati karya seni dan budaya? berikut ini galeri seni dan budaya yang kerap menyelenggarkan kegiatan seni dan budaya ;

A. Galeri Seni Dan Budaya Di Surabaya

JL. Genteng Kali 85, surabaya

Taman Budaya Jawa Timur

Taman Budaya Jawa Timur

Area Taman Budaya Jawa Timur dulunya adalah area Kraton Kanoman Surabaya yang dikepalai Adipati Surabaya.

Selain disebut dengan nama taman budaya jawa timur, lokasi ini disebut juga Taman Budaya Cak Durasim. Disebut demikian untuk menghormati seorang toko pejuang di bidang kesenian bernama Cak Durasim. Beliau berjuang dibidang kesenian, terutama ludruk yang oleh Cak Durasim dipakai sebagai alat propaganda menentang penjajahan Jepang.

Sekarang komplek Taman Budaya Jawa Timur  menjadi pusat kegiatan Seni Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Seperti kegiatan promosi wisata kabupaten-kabupaten di wilayah jawa timur, pameran, diskusi dan seminar budaya, serta latihan dan pertunjukan tari yang diadakan setiap sore hari.

Dalam komplek ini terdapat beberapa gedung, pendapa dan panggung terbuka yang terletak di belakang gedung cak durasim, semua fasilitas tersebut untuk menunjang kegiatan seni dan budaya di jawa timur.

Jl Gentenkali 85 Surabaya 

Galeri Prabangkara

Galeri Prabangkara

Hampir setiap bulan saya bersama istri selalu mengunjungi taman budaya jatim menikmati pagelaran budaya dari kabupaten-kabupaten di jawa timur, plus menikmati kulinernya. Pada tanggal 19 September 2015 yang lalu kita melihat pegelaran budaya daerah kabupaten sidoarjo di taman cak durasim, saat berkeliling ke stand-stand yang menjual produk-produk unggulan kab sidoarjo, kami menemukan sesuatu yang baru di UPT Taman Budaya, gedung baru yang diberi nama Galeri Prabangkara.

Jl. Pemuda No. 15, Surabaya

Balai Pemuda Surabaya

Balai Pemuda Surabaya

Balai Pemuda Surabaya memiliki luas 1,7  Ha ini dahulunya bernama Simpang He Societeit. Di dirikan th 19907, berfungsi sebagai salah satu tempat hiburan dan berkumpulnya orang eropa di surabaya. Gedung ini adalah bukti rasialisme pada masa kolonial karena hanya orang kulit putih yang boleh masuk. Papan peringatanya berbunyi “ Verboden voor inlander (pribumi) dilarang masuk.

Balai Pemuda Surabaya merupakan salah satu bangunan cagar budaya di surabaya.  Selain sebagai bangunan cagar budaya, balai pemuda surabaya juga digunakan sebagai pusat kegiatan seni dan budaya pemerintah kota surabaya.

Jalan Taman Sampurna No. 6, Surabaya Utara

Pintu Masuk Galeri Sei House Of Sampurna

Pintu Masuk Galeri Seni House Of Sampurna

Galeri Seni Sampurna berada di komplek  House Of  Sampurna di jalan taman sampurna no 6. Bangunan yang di tempati Galeri Seni Sampurna dulunya merupakan Paviliun Keluarga Budi Sampurna.

Setiap bulannya galeri seni ini menampung dan menampilkan karya seni yang berbeda. Karya seni tersebut merupakan karya-karya seniman yang termuka dan karya-karya yang ditampilkan sebelumnya sudah diseleksi ketat.

Jl. Garuda No 1. Surabaya Utara

Gedung Garuda

Gedung Garuda

De Javasche Bank Surabaya adalah salah satu bank terkemuka pada zaman kolonial Belanda yang di dirikan di Batavia pada tanggal 24 Januari 1828. Kantor cabang De Javasche Bank Surabaya dibuka pada tanggal 14 September 1829 dengan kepala cabang pertama adalah F.H.  Preyer dibantu asisten A. H. Buchler dan J.D.A Loth sebagai komisaris De Javasche Surabaya tercatat sebagai kantor pertama yang menyelenggarakan proses kliring.

Gedung De Javasche Bank Surabaya disebut  Gedung Garuda karena gedung ini terletak dipojok Schoolplein (sekarang menjadi  Jl. Garuda No.1) dan Werfstraat (sekarang Jalan Kalisosok) Disekitar area Jembatan Merah Plaza (JMP).

Selain sebagai bangunan cagar budaya, pengelola gedung garuda ini menyediakan gedung ini sebagai tempat pameran fotografi, seni dan pagelaran budaya.

Jl. Genteng Kali

Taman Ekspresi

Taman Ekspresi

Kesan pertama berkunjung di taman surabaya ini terlihat mewah oleh interior taman. Taman Ekspresi ini diresmikan oleh walikota surabaya bu tri rismaharini pada tgl 7 mei 2011.

Sesuai dengan namanya “taman eksprsi”, Di taman kota ini diharapkan sebagai tempat meng- ekspresikan rasa seni, atau taman surabaya sebagai ajang kegiatan Keseniaan. Guna mendukung harapan tersebut, dalam taman banyak dibangun plaza berukuran kecil, semacam panggung terbuka. Beberapa plaza bahkan berdiri dibantaran sungai kalimas..

Selain itu anda akan menjumpai banyak tempat duduk bertebaran di dalam taman, dengan beragam warna dan bentuk. Terdapat bentuk kotak, bentuk huruf vocal dan sebagainya.

Kursi berbentuk huruf vocal dapat membantu Pengunjung anak-anakl belajar mengenal huruf..

Dikarenakan lokasi taman di bantaran sungai kalimas, lebih tepatnya, sungai kalimas area depan kantor departemen pendidikan di Jl, genteng kali. Maka lahan taman yang berdekatan dengan sungai kalimas, dibangun semacam balkon menghadap sungai . Sehingga kita bisa menikmati sungai kalimas, beserta aktifitas yang dilakukan di sungai kalimas.

B. Peta Galeri Seni Dan Budaya Di Surabaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s