Paket Wisata Murah Surabaya Heritage Track (SHT)

Bis Surabaya heritage track

Bis SHT Di Depan Klenteng Hok An Kiong

 

Saya mengerti sejarah kota surabaya, serta mengenal kemudian menjadi mencintai bangunan cagar budaya surabaya, setelah beberapa kali mengikuti tur Surabaya Heritage Track (SHT). House of sampoerna menyediakan tur gratis ini, mengunjungi bangunan cagar budaya yang berada di surabaya utara dengan mengunakan bis. Surabaya utara dahulunya merupakan pusat kotanya surabaya.

Saya sendiri punya sebutan lain untuk “Surabaya Heritage Track” yaitu “Paket Wisata Murah Surabaya Heritage Track“. Nantinya peserta SHT yang disebut Tracker, tidak hanya puas mengikuti SHT. Mereka akan juga mengunjungi kegiatan wisata lain yang disediakan House Of Sampoerna. Selain Surabaya Heritage Track (SHT) House of Sampoerna juga memiliki Museum House Of Sampoerna, Galeri seni dan A Cafe, setelah capek berkeliling anda bisa mampir di a cafe yang tentunya tidak gratis.

Sejenak kembali ke masa lampau terkait sejarah SHT. Berdasar informasi yang saya dapatkan,  tur Surabaya Heritage Track diadakan pertama kali pada tanggal 9 juni 2009, sehingga sudah 6 tahun berjalan.

Setiap peserta SHT diberi kartu Identitas Tracker

Setiap peserta SHT diberi kartu Identitas Tracker

Tur SHT ini terbuka untuk umum, siapa saja bisa mengikutinya tanpa dikenakan biaya sepeserpun. Ada baiknya Sebelum mengikuti tur kita reservasi tempat dulu lewat telpon ke Tracker Information Center (TIC) dengan no telpon (031) 539000 Ext.24142m fax ; (031) 353 9009, Email : hos@sampoerna.com atau datang langsung ke House of Sampoerna di jalan taman sampoerna no 1.

Tempat Reservasinya tur SHT berada dalam satu gedung dengan a cafe. Tracker Information Center berada di ruang depan a cafe sampoerna. Sebelum pintu masuk ke  a cafe terdapat sebuah ruangan, inilah ruang reservasi SHT.

A Cafe House of Sampoerna

A Cafe House of Sampoerna

Perjalanan tur dimulai dan berakhir di House of Sampoerna, Sebelum berangkat kita akan mendapat kartu identitas tracker, karcis untuk masuk ke dalam bis dan peta SHT.

Ada dua jenis tur SHT yang bisa kita ikuti yaitu Regular Tour (Weekday dan Weekend  ) dan Theme Tour. Regular Tour pada weekday (hari biasa) durasi tur berlangsung 1 jam, pada hari selasa, rabu dan kamis  pada pukul 09.00, 13.00 dan 15.00. Regular Tour pada weekend berlangsung selama 1,5 jam pada hari jum’at, sabtu dan minggu, pada pukul 09, 1300 dan 15.00. Sedangkan pada hari senin tur SHT libur.

Theme Tour lain lagi ceritanya, rute tur ini tematik, berlangsung pada hari selasa hingga kamis pada pukul 09.00-10.30.

Rute tur SHT dan tema tur pada Theme tour sudah ditentukan oleh House of sampoerna.  Contohnya tema “babad surabaya”, maka rutenya akan mengunjungi jejak-jejak atau bangunan yang terkait dengan kerajaan surabaya, misalnya kampung kraton, city hall dan  taman budaya cak durasim.

Tracker di depan Gereja Maria

Tracker di depan Gereja Maria

Bis yang digunakan untuk tur SHT ini memiliki model seperti kereta trem, yang pernah menjadi alat tranportasi di surabaya tempo dulu. Warna bis merah terang dengan gambar obyek wisata surabaya bergaya kartun. Kapasitas bis 22 kursi dan terdapat area untuk kursi roda. Fasilitas bis ini full AC, tersedia payung bagi track, kaca lebar dengan lapisan film hitam.

Selama mengikuti SHT ini kita akan mendapat penjelasan singkat dari pemandu. Pemandu menjelaskan mengenai sejarah bangunan-bangunan cagar budaya  yang dilewati bis, atau yang tengah kita kunjungi. Bahasa yang digunakan oleh pemandu wisata adalah bahasa Indonesia dan Inggris. Peserta SHT bukan hanya dari Indonesia, melainkan juga dari Turis manca negara.

Ada baiknya sebelum mengikuti Surabaya Heritage Track ini, anda pastikan sudah memesan tempat terlebih dahulu dan datang setengah jam sebelum tur dimulai. Bus akan berangkat sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s