21 Objek Wisata Terkenal Di Surabaya

Kota Surabaya memiliki beberapa julukan, Salah duanya ialah surabaya kota pahlawan dan kota taman. Di sebutan kota pahlawan, karena ketika di masa revolusi kemrdekaan telah terjadi peristiwa pertempuran hebat dan heroik antara rakyat surabaya dan tentara sekutu. Sedangkan disebut kota taman, karena di kota surabaya banyak bertebaran taman-taman kota yang indah dan cantik di sudut-sudut kota.

Oleh karena itu lumrah bila anda berkunjung di surabaya akan menemukan banyak monumen, museum serta taman-taman yang indah menjadi obiek wisata surabaya.

Pesona objek wisata surabaya juga dapat temui dalam berbagai jenis wisata. Anda dapat berkunjung ke bangunan cagar budaya, wisata alam atau berkunjung ke taman hiburan.

Tempat wisata surabaya tersebut banyak dikunjungi baik oleh warga surabaya sendiri, warga luar kota surabaya, maupun turis manca negara. Apa saja obyek wisata yang terkenal di surabaya tersebut? Berikut ini 21 obyek wisata surabaya yang sangat mungkin anda sukai terkenal, simak ulasanya berikut ini.

  1. Carnival Night
    Pintu Masuk Surabaya CarnivaL Night

    Pintu Masuk Surabaya CarnivaL Night

    Obyek Wisata surabaya yang satu berupa taman hiburan yang berlokasi di belakanga Korem Baskara jaya, tepatnya berada di jalan Ahmad Yani No. 331 surabaya.

    Taman hiburan untuk keluarga ini menempati lahan seluas hampir 8 hektare. Konsep taman hiburan ini menggabungkan antara wahana permainan dengan tempat belanja. Diharapkan setelah pengunjung puas bermain dengan wahana permainan, kemudian beralih ke tempat belanja yang masih berada di lokasi yang sama.

    Tema yang ditawarkan pun tak kalah uniknya, yaitu taman hiburan ini kental dengan ciri khas suroboyo-an. Mulai dari pengunaan bahasa di setiap tulisan hingga nuansa kota lama surabaya.

    Jam buka Carnival Night Market seperti berikut, senin- jumat pukul 17.00-23.00 WIB dan pada hari Sabtu dan Minggu buka pada pukul 16.00-23.00 WIB.

  2. Taman Remaja Surabaya
    Twin Dragon

    Twin Dragon

    Lokasi Taman Remaja Surabaya berada di jalan Kusuma Bangsa No. 112-114. Berdekatan dengan Hi Tech Mall (THR). Taman hiburan ini menempati area seluas 16.910 m2.

    Taman Remaja Surabaya (TRS) merupakan taman hiburan yang bisa dijangkau masyarakat kalangan menengah ke bawah. Sebagian besar anak-anak di surabaya mengenal taman hiburan ini.  Usia taman hiburan ini lebih dari 30 tahunYang khas dari objek wisata surabaya ini adalah acara musik dangdut,

    Jam operasional taman hiburan TRS untuk hari senin dan selasa dibuka pada pukul 15.30 hingga 22.00, pada hari rabu hingga jum’at dibuka pada pukul 1500 hingga 22.00, hari sabtu dibuka pada pukul 15.00 hingga 22.30, sedangkan pada hari minggu dibuka pada pukul 09.00 hingga22.30.

  3. Kebun Binatang Surabaya
    Pintu Masuk Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya

    Pintu Masuk Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya

    Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya demikian nama lengkap objek wisata ini, atau biasa juga disebut dengan Bonbin, atau disingkat dengan KBS. Tempat wisata surabaya berada di jalan Stail No. 1 surabaya.

    Tempat wisata surabaya ini adalah salah satu kebun binatang yang populer di Indonesia. Diantara objek wisata ang ada di surabaya, kebun binatang surabayalah yang sudah beroperasional sejak zaman hindia belanda. Usia kebun binantang surabaya sudah 1 abad lebih, tepatnya pada tanggal 31 agustus 2015.

    Dan sejak jaman hindia belanda kebun binatang surabaya memiliki fungsi sebagai tempat konservasi, edukasi dan taman bermain

    KBS merupakan tempat wisata yang menarik, Karena di sini kita dapat menemukan berbagai macam satwa termasuk di dalamnya satwa langka yang ada di Indonesia, maupun dunia. Di samping itu, di tengah sorotan masyarakat terhadap Bonbin Surabaya,  pengelola bonbin surabaya selalu berupaya menampilkan koleksi satwa dalam kondisi prima dan lingkungan kebun binatang yang bersih.

  4. Ciputra Waterpark Surabaya 
    Ciputra waterpark Surabaya

    Ciputra waterpark Surabaya

    Ciputra waterpark Surabaya merupakan salah satu wisata air terbesar di surabaya. Dengan menempati area seluas 5 hektar. Dan memiliki 7 wahana air, diantaranya; Roc Tower, Thunder Ride dan marina Lagoo. Tempat wisata ini berlokasi di kawasan citraland, surabaya barat. Sebuah kawasan yang kerap disebut sebagai singapuranya surabaya.

    Wahana Ciputra Waterpark Surabaya terinspirasi oleh kisah petualangan seorang tokoh dongeng bernama Sinbad. Seorang petualang dalam kisah 1001 malam. Walaupun dibangun dengan dengan konsep petualangan seorang tokoh dongeng, namun hampir semua wahana air yang ada di ciputra waterpark bisa juga dinikmati oleh kaum dewasa.

  5. Ekowisata Mangrove Wonorejo 
    Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya

    Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya. Sumber gambar website ekowisata mangrove

    Berwisata menikmati kendahan alam tidak harus keluar kota surabaya, karena anda bisa menikmatinya di ekowisata mangrove wonorejo. Anda bisa menikmati suasana alam hutan mangrove, atau anda ikut aktivitas menanam bibit pohon mangrove sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian hutan bakau. Objek wisata ini berada di jalan wonorejo no.1 rungkut surabaya.

    Kawasan ekowisata mangrove wonorejo memiliki seluas 871 hektar. Menyuguhkan lanskap hutan bakau yang indah. Hutan bakau inilah satu-satunya hutan yang masih dimiliki surabaya. Hutan mangrove masih alami sehingga masih banyak hewan liarnya, salah duanya di huni oleh 147 spesies burung dan monyet jenis ekor panjang.

    Sebelum  kita menikmati keindahan hutan bakau, terlebih dahulu anda di ajak menyusuri sungai londo dengan perahu motor menuju lokasi hutan bakau. Perahu motor akan menyusuri sungai sepanjang 5 kilometer. Sekitar 15 menit pengunjung akan sampai di lokasi hutan bakau. Pengunjung akan merasakan suasana hutan mangrove yang masih alami. Untuk menyusuri hutan bakau ini tersedia jalan atau lintasan yang terbuat dari sesek atau anyaman bambu yang ditopang leh bilah bambu. Lintasan ini menuju gazebo atau pos pantau yang menjorok ke laut.

    Jadi kalau anda tertarik berwisata ke ekowista mangrove wonorejo, anda bisa datang pada hari sabtu, minggu dan hari libur, pada pukul 08.00 hingga 16.00

  6. Jembatan Suramadu 
    Jembatan Suramadu sisi jalur Sepeda motor

    Jembatan Suramadu sisi jalur Sepeda motor

    Jembatan Nasional Suramadu merupakan jembatan yang menghubungkan pulau jawa tepatnya kota surabaya dengan Pulau madura, tepatnya kabupaten bangkalan.  Nama “Suramadu” merupakan penggalan dari kata sura(baya) dan madu(ra). Jembatan ini terletak di jalan Tol Suramadu, surabaya.

    Jembatan Suramadu juga menjadi daya tarik bagi wisatawan. Pada umumnya para wisatawan ingin merasakan sensasi melintasi jembatan suramadu. Daya tarik obyek wisata ini pada bangunannya yang megah dan kokoh. Pada saat ini jembatan suramadu adalah jembatan nasional terpanjang di Indonesia dengan panjang 5.438 meter. Disamping itu sepanjang perjalanan melintasi jembatan terlihat selat madura yang indah.

    Saat malam hari jembatan ini berhias lampu-lampu yang membuat pemandangan jembatan suramadu menjadi kian indah.

  7. Masjid Sunan Ampel 
    Masjid Ampel

    Masjid Ampel

    Masjid Sunan Ampel adalah salah satu masjid tertua dan terbesar di surabaya. Masjid ini beralamatkan di jalan Ampel Masjid No.53, Kecamatan semampir, Surabaya utara

    Masjid ini salah satu obyek wisata religi di kota surabaya, karena masjid ini memiliki kaitan khusus dengan Sunan Ampel. Salah satu  dari 9 wali songo yang terkenal itu. Makam Sunan Ampel sendiri terletak disebelah barat masjid.

    Masjid Ampel didirikan oleh Raden Mohammad Ali Rahmatullah atau lebih dikenal dengan panggilan Sunan Ampel Pada tahun 1421. Pembangunan masjid dibantu oleh kedua sahabata karibnya yaitu Mbah Sholeh dan Mbah Sonhaji (Mbah Bolong) dan para santrinya. Namun kapan selesainya pembangunan masjid ini belum diketahui.

    Bangunan Masjid memiliki gaya arsitektur  jawa kuno yang dipadukan dengan unsur arab. Bangunan di sekitar masjid unik yaitu memiliki gaya berarsitektur tiongkok dan arab. Sedangkan keunikan masjid ini terletak pada tiang  penyangga masjid, yang terbuat dari kayu jati yang panjangnya 17 meter tanpa sambungan. Jumlah tiang ini sebanyak 16 tiang.

  8. Masjid Al Akbar Surabaya 
    Masjid Al Akbar

    Masjid Al Akbar

    Masjid Nasional Al Akbar Surabaya menjadi salah satu tujuan wisata religi yang ada di surabaya. Masjid ini berada di jalan Masjid Al Akbar No.1 Pagesangan, Surabaya.

    Masjid Al Akbar atau juga disebut dengan Masjid Agung surabaya merupakan masjid terbesar ke dua setelah Masjid Istiglal di jakarta. Berkunjung ke masjid ini anda dapat mengagumi kemegahan masjid.

    Keunikan masjid Al Akbar surabaya terletak pada atapnya. Atap masjid terdiri dari sebuah kubah besar yang didukung empat buah kubah kecil berbentuk limas. Kelima kubah ini menandahkan angka lima yang identik dengan rukun Islam.  Bentuk kubah masjid mirip dengan setengah telur.

    Masjid ini juga dilengkapi dengan menara yang berdiri kokoh di sudut utara masjid. Manara ini memiliki ketinggian 99 meter. Angka ini mempresentasikan 99 nama Allah SWT (Asmaul Husna).

    Salah satu daya tarik Masjid Nasional Al Akbar ada pada menara ini. Menara ini dilengkapi dengan lift dengan kapasitas  550 kg atau setara dengan 8 orang untuk menuju ke atas menara. Dari atas menara Anda dapat melihat pemandangan surabaya dari atas. Dan di menara ini pula tersedia kantin. sehingga anda dapat menikmati pemandangan ditemani makanan ringan

    Tiket masuk menara ini untuk orang dewasa sebesar Rp. 7500 dan Rp. 5oo0 untuk anak-anak. Sedangkan jam buka menara ini setiap hari, kecuali waktu shalat menara ditutup sementara. Untuk hari senin-sabtu menara buka mulai pukul 08.00 hingga 16.30 WIB dan hari ahad (minggu) menara buka mulai pukul 06,00 hingga 16.30 WIB.

  9. Masjid Cheng Hoo 
    Masjid Cheng Ho

    Masjid Cheng Ho

    Masjid Cheng Hoo Surabaya atau juga dikenal dengan  Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya merupakan masjid pertama di Indonesia yang menggunakan nama tionghoa. Bangunan masjid ini menyerupai klenteng, tempat ibadah umat Tri Dharma. Jika anda tertari wisata religi ke masjid ini, anda bisa datang ke jalan gading No.2 Surabaya. Jalan gading ini terletak dibelakang makam Pahlawan Kusuma Bangsa.

    Meskipun memiliki nama “Muhammadd chen Hoo”, masjid ini tidak memiliki kaitan langsung dengan tokoh tersebut. Pemberian nama Cheng hoo merupakan bentuk penghormatan kepada laksamana asal tiongkok yang berdakwa dan menyebarkan agama islam di pulau jawa.

    Daya tarik masjid cheng hoo ini pada arsitektur masjid yang merupakan berpaduan budaya Islam, China dan Jawa. Hal ini nampak pada dominanya warna merah, hijau dan emas pada warna masjid ini. Ornamen kental dengan nuansa tiongkok. Pintu masuknya menyerupai pagoda, berhias relief naga dan patung singa dengan lafaz Allah dalam huruf arab di puncak pagoda. Dan sebagai pelengkap bangunan masjid disisi kiri bangunan terdapat beduk.

  10. Gereja Kelahiran Santa Perawan Maria
    Gereja Kepanjen

    Gereja Kepanjen

    Gereja Katolik Santa Perawan Maria demikian nama resmi gereja ini. Selain nama tersebut gereja ini juga disebut gereja kepanjen. Disebut gereja kepanjen, karena letak gereja berada di jalan kepanjen. Tepatnya jalan kepanjen no. 4-6 Surabaya Utara. Berlokasi tidak jauh dari kantor Pos Kebonrojo.

    Gereja katolik ini merupakan salah dari gereja tertua yang ada disurabaya. Bangunan gereja ini termasuk bangunan cagar budaya yang menarik untuk kunjungi. Pengunjung bisa menikmati keindahan arsitektur gedung. Arsitektur gedung ini bergaya Neo Gothic yang menakjubkan. Keindahan arsitektur gereja tua tidak kalah dengan arsitektur gereja gaya neo gothic di luar negeri.

  11. Klenteng Hong Tek Hian 
    Klenteng Hok Tek Hian

    Klenteng Hok Tek Hian

    Klenteng ini bernama Hong Tek Tian atau dikenal juga dengan nama Klenteng dukuh. Disebut klenteng dukuh, karena lokasi klenteng berada di jalan dukuh. Beralamat di jalan dukuh no 231, surabaya utara. Pada Zaman hindia belanda jalan dukuh ini termasuk kawasan pecinan.

    Tidak diketahui secara pasti tahun pembangunan Klenteng Hong tek tian ini. Diperkirakan klenteng dukuh ini sudah ada sebelum tahun 1899.

    Ciri khas klenteng ini terdapat klenteng terdapat Kim Lo atau Pagoda tingkat tujuh berwarna merah. Pagoda ini sebagai tempat pembakaran kertas pengantar doa dan landmark untuk masuk ke kampung dukuh.

    Pada waktu tertentu klenteng ini mengadakan pertunjukan wayang Potehi. Wayang Poteni merupakan salah satu jenis wayang khas Tionghoa yang berasal dari tiongkok bagian selatan. Pertunjukan wayang ini dimaksudkan agar doa yang dipanjatkan umat terkabul.

    Bangunan klenteng yang indah dan menakjubkan, serta pertunjukan wayang potehi yang terkenal dan langkah, maka amat sayang apabila anda melewatkan kunjungan ke obyek wisata ini.

  12. Taman Bungkul 
    Taman Bungkul

    Taman Bungkul

    Apabila anda ingin berwisata maka kami merekomendasikan masukan taman bungkul dalam daftar kunjungan wisata anda. Taman Bungkul merupakan taman bertaraf Internasional. Taman kota ini menerima penghargaan The 2013 Asia Townscape Award mendapatkan yang diberikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai taman terbaik se-Asia.

    Taman ini terletak di Jalan Darmo Surabaya. Luas lahan taman ini sekitar 900 meter persegi. Dan dilengkapi dengan fasilitas yang bisa dibilang lengkap, seperti area green park, amfiteater (panggung terbuka) dengan diameter 33 m, jogging track.area play ground bagi anak-anak, jalur papan luncur dan jalur sepeda BMX, free wifi, keran air siap minum, kolam air mancur dan sentra pedagang kaki lima. Bahkan taman kota ini juga dilengkapi dengan jalur bagi penyandang cacat, dengan demikiam mereka pun dapat ikut berwisata.

  13. Makam Ki Ageng Bungkul 

    Pintu Gerbang makam Ki Ageng Bungkul

    Pintu Gerbang makam Ki Ageng Bungkul

    Saat wisata religi rasanya belum lengkap kalau tidak ziarah ke Makam Ki Ageng Bungkul. Makam beliau berada dalam kawasan taman bungkul. Di bagian belakang area taman bungkul. Nama taman bungkul sendiri berasal dari nama beliau. Makam Ki ageng Bungkul ini termasuk bangunan cagar budaya surabaya.

    Ki Ageng bunngkul memiliki nama asli Ki Ageng Supo, beliau putra pembesar Majapahit. Setelah masuk agama Islam berganti nama Ki Ageng Mahmudi. Beliau  pejuang Islam di kota Surabaya. Meskipun nama Sunan Bungkul tidak masuk dalam sembilan wali, beliau Sunan tertua di tanah jawa, selain Sunan Ampel.

    Posisi Sunan Bungkul sebagai penyiar Agama Islam sejajar dengan toko pejuang Islam tingkat lokal seperti Syeh Abdul Muhyi di Tasikmalaya-Jawa Barat, Sunan Gesang dari Magelang, Sunan Tembayat dari Klaten, Sunan panggung di tegal-jawa Tengah dan Sunan Prapen di Gresik.

    Pada bulan-bulan tertentu banyak orang berziarah ke makam Sunan Bungkul. Selain pengunjung lokal, tidak sedikit pengunjung dari manca negara datang ke makam ini. Pada umumnya pengunjung datang ke makam sunan bungkul, bersama dengan ziarah ke makam Sunan Ampel.

  14. Taman Mundu

    Taman Mundu

    Taman Mundu

    Taman mundu tidak kalah cantiknya dengan taman bungkul. Fasilitas taman mundu pun bisa dibilang komplet. Taman ini berlokasi di jalan Raya Tambaksari. Diseberang depan Gelora Tambaksari (Lapangan tambaksari).

    Taman kota ini memiliki luas lahan 4800 meter persegi dan diresmikan oleh walikota Bu Tri Rismaharini pada tanggal 10 Juli 2010.

    Fasilitas taman ini antara lain; open Stage (Panggung Terbuka), Dua kolam air mancur, Area Play Ground (Area Bermain Anak), Kran Air Siap Minum, Jalur Pijat Refleksi dan Toilet.

    Kita bisa mengunjungi taman ini setiap saat, baik siang maupun malam, namun lebih baik kita mengunjunginya di malam hari, karena di malam hari taman kota ini lebih germelap. Taman mundu bermandikan cahaya warna-warni.

    Daya tarik taman mundu pada atraksi 2 air mancur. Bentuk semburan air mancur ini ber-ubah-ubah, diiringi sorotan lampu warna-warna, sehingga air mancur ini terlihat indah.

  15. Taman Flora Bratang
    Taman Flora Bratang

    Taman Flora Bratang

    Salah satu taman kota surabaya yang memiliki lahan cukup luas adalah taman flora bratang. Luas area taman ini 33.610 m2. Bagi warga surabaya taman flora lebih familiar dengan sebutan kebon bibit. Sebelum berbentuk taman, tempat ini dulunya merupakan tempat pembibitan tanaman. Tanaman-tanaman yang ada di taman-taman surabaya berasal dari kebon bibit ini. Objek wisata surabaya yang satu ini berlokasi di Jalan Raya Manyar.

    Keistimewaan taman flora ini pada kerapatan vegetasi (tanaman) yang lebih tinggi dari taman-taman surabaya lainnya. Dari tingkat kerapatan dan keaneka ragaman jenis tanaman, taman flora ini layaknya kebun raya mini. Keistimewaan lainya, adanya kebun binantang mini. Terdapat lumayan banyak jenis hewan di taman ini, seperti rusa, monyet, merak, beberapa burung dan ikan.

    Sedangkan fasilitas taman flora meliputi , tempat istirahat berbentuk gardu, area parkir, area outbound, area bermain, perpustakaan, free wifi, teknologi internet, toilet dan mushola.

  16. Taman Flora Wonorejo 
    Telaga wonorejo

    Telaga Wonorejo

    Setelah Kebun Bibit Bratang berubah menjadi taman kota, fungsi pemasok tanaman ke taman-taman surabaya di ambil alih oleh Taman Flora Wonorejo. Tempat ini bukan hanya sekedar taman, namun juga tempat pembibitan dan perawatan berbagai tanaman. Lokasi taman ini berada di jalan Kendalsari, Wonorejo, kecamatan Rungkut Surabaya.

    Beberapa keunggulan taman flora wonorejo yang tidak dimiliki oleh Taman Flora Bratang antara lain luas lahan taman flora wonorejo lebih luas daripada taman flora bratang, masih berfungsi sebagai tempat pembibitan dan yang yang lebih istimewa ada telaga yang indah.

    Telaga ini selalu ramai oleh pengunjung taman yang melepas lelah sambil menikmati pemandangan indah telaga. Fasilitas yang ada di telaga ini adalah tempat duduk, lintasan jogging track yang mengelilingi telaga dan flying fox yang melewati telaga.

  17. House Of Sampoerna 
    A Cafe House of Sampoerna

    A Cafe House of Sampoerna

    House Of Sampoerna berada di kawasan “Kota Tua Surabaya”. Berlokasi di jalan taman sampurna no.6, kecamatan pabean cantikan. Dapat dikatakan House Of Sampoerna merupakan objek wisata yang berbentuk perpaduan antara bangunan cagar budaya, Museum, cafe, Galeri Seni dan Pabrik Rokok Kretek.

    Awalnya komplek bangunan ini merupakan panti asuhan putra. Bangunan ini kemudian dibeli oleh Liem Seeng Tee, pendiri rokok sampoerna. Dan menjadikannya rumah keluarga dan pabrik rokok kretek. Sekitar tahun 2003 bangunan di house of sampoerna berubah fungsi menjadi destinasi wisata seni dan budaya. Rumah utama keluarga sampoerna berubah fungsi menjadi cafe. Paviliun keluarga menjadi Galeri Seni,  auditorium pabrik menjadi Museum House Of Sampoerna dan Bangunan Pabrik rokok masih dipertahankan.

    Sekarang mari kita kunjungi bangunan yang ada di House Of Sampoerna;

    Museum House Of Sampoerna, museum ini menceritakan perjalanan bisnis pendiri rokok sampoerna mulai dari nol hingga memiliki pabrik rokok kretek dengan merk terkenal.

    Galeri Seni di galeri seni ini setiap bulanya menampung dan menampilkan karya seni yang berbeda. Karya seni yang ditampilkan melalui seleksi ketat dan merupakan karya-karya seniman yang terkemuka. Bukan hanya itu saja yang menjadi perhatiaan pengelola museum, Pencahayaan di ruang galeri sangat diperhatikan, sehingga pengunjung kan maksimal menikmati karya seni yang dipajang.

    Cafe House Of Sampoerna memiliki kapasitas 100 orang. Yang unik dari cafe ini adalah bangunan Cafe ini memiliki sentuhan Art Deco. Selaras dengan konsep cafe ini yaitu mengabungkan sejarah dan keindahan. Soal menu yang disajikan variatif, ada citrarasa Indonesia, Asia dan Barat.

    Bangunan yang menarik selanjutnya pabrik rokok kretek yang berada dibelakang museum. Namun dari museum house of sampoerna lantai dua pengunjung bisa melihat langsung pembuatan rokok kretek dengan menggunakan peralatan tradisional yang dilakukan oleh pekerja wanita. Mereka per jamnya mampu menghasilkan 325 rokok kretek. Perlu diperhatikan bila anda ingin melihat produksi rokok kretek, sebaiknya berkunjung pada jam kerja karyawan sampoerna yaitu pada hari seni sampai sabtu sebelum 15.00.

    Selain bangunan-bangunan tadi, House Of Sampoerna memiliki agenda keliling kota melihat bangunan cagar budaya surabaya. Setiap bulanya bangunan cagar budaya yang dikunjungi berbeda sesuai tema yang ditentukan. Jadwal agenda Surabaya Heritage Track dimulai pukul 09.00-10.00WIB dan pukul 15.00-16.00 WIB.

    Jam buka House Of Sampoerna ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-22.00 WIB, kecuali hari senin House Of Sampoerna tutup.

  18. Monumen Tugu Pahlawan dan Museum Perjuangan 10 Nopember 
    Tugu Pahlawan dan Museum 10 Nopember

    Tugu Pahlawan dan Museum 10 Nopember

    Salah satu bangunan yang menjadi kebanggaan warga surabaya adalah Tugu Pahlawan. Bagi anda yang menyukai sejarah dan ingin mengenalkan sejarah kepada keluarga mengunjungi Tugu Pahlawan merupakan pilihan yang tepat. Di lokasi ini anda tidak hanya melihat sebuah monumen, namun juga langsung mengunjungi Museum 10 Nopember.

    Tugu Pahlawan

    Tugu Pahlawan berada di pusat kota surabaya. Lokasinya tidak jauh dari kantor gubernur jawa timur. Tepatnya di jalan Pahlawan Surabaya.

    Monumen Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati peristiwa Pertempuran 10 Nopember 1945. Dimana dalam peristiwa tersebut arek-arek surabaya berjuang melawan tentara sekutu. Di area tugu pahlawan ini anda dapat menemukan patung para tokoh-tokoh peristiwa pertempuran 10 nopember dan persenjataan modern yang digunakan sekutu untuk melawan pejuang Indonesia.

    Untuk memasuki kawasan Tugu Pahlawan, pengunjung tidak dikenakan biaya masuk. Biaya masuk baru dikenakan saat pengunjung memasuki Museum 10 Nopember.

    Museum 10 Nopember

    Museum ini dibangun untuk memperkuat keberadaan Tugu Pahlawan. Koleksi museum 10 nopember berupa benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan peristiwa pertempuran 10 nopember 1945.

    Keunikan museum pada arsitektur bangunan berbentuk seperti piramid. Keunikan lainya, bangunan museum berda di bawah tanah, hanya atapnya yang kelihatan. Hal ini dilakukan supaya bangunan museum tidak menggangu pemandangan Tugu Pahlawan.

  19. Pantai Ria Kenjeran  
    Pintu Gerbang

    Pintu Gerbang

    Pantai Kenjeran merupakan salah satu tempat wisata alam yang ada di surabaya. Lokasi pantai ini di bagian timur pusat kota surabaya. Beralamat di jalan Sukolilo Lor.

    Obiek wisata pantai kenjeran memiliki dua lokasi yaitu pantai kenjeran lama dan pantai ria kenjeran. Kedua pantai kenjeran ini memiliki keunikan masing-masing. Yang membedakan dari kedua pantai ini pada fasilitas. Fasilitas pantai ria kenjeran lebih lengkap daripada pantai kenjeran lama.

    Di pantai ria kenjeran ada banyak pilihan hiburan yang bisa dinikmati. Mulai wisata pantai, wisata air atau wisata religi. Wisata pantai, pengunjung menikmati keindahan pantai. wisata air, di pantai ini tersedia kolam renang. Sedangkan wisata religi, anda dapat mengunjungi Patung Budha Empat Wajah.

  20. Monumen dan Museum Jalesveva Jaya Mahe 
    Monumen dan Museum Jalesvvajayanahe

    Monumen dan Museum Jalesvvajayanahe

    Kota Surabaya tidak mau kalah dengan kota New York, kalau New York memiliki kebanggaan Patung Liberty, Surabaya memiliki Monumen Jalesveva Jaya Mahe. Monumen ini berupa Patung perwira menengah Angkatan Laut. Monumen ini berdiri di Komplek Aratim, TNI AL Surabaya.Komplek Armatim, TNI AL Surabaya.

    Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjaya) terdiri dari dua bangunan, Patung Perwira Angkatan Laut dan Museum. Kita sengaja membagi monumen Jalesveva Jayamahe menjadi dua bagian untuk memudahkan dalam membahas objek wisata Monumen Jalesveva Jayamahe dan Museum Jalesveva Jayamahe.

    Ketinggian keseluruhan Monumen Monjaya ini adalah 60 meter. Patung sang kolonel meiliki ketinggian 31 meter dan bangunan penopang patung setinggi 29 meter.

    Patung Jalesveva Jayamahe

    Monumen Jalesveva Jayamahae berupa patung perwira menengah Angkatan Laut Republik Indonesia berpangkat kolonel. Tanggan kanan sang perwira tengah berkacak pinggang, sedangkan tanggan kirinya memegang pedang kehormatan. Berdiri tegak di atas bangunan gedung seraya menatap laut. Sang Perwira ini tengah mengenakan pakaian dinas upacara (PDU 1)

    Patung Kolonel ini memiliki ketinggian 31 meter. Tubuh patung sang kolonel ini berangkah baja dan berkulit tembaga. Patung ini dirancang oleh pematung kenamaan berasal dari bali, bernama nyoman Nuarta. Selain patung kolonel  seniman nyoman nuarta juga merancang patung kerapan sapi di jalan basuki rahmat.

    Patung ini mengambarkan generasi penerus dengan penuh keyakinan dan kesungguhan siap menerjang ombak badai menuju arah yang tlah ditunjukan yaitu cita-cita bangsa Indonesia.

    Museum Jalesveva Jayamahe

    Museum Jalesveva Jaya Mahe menjadi satu kesatuan dengan Monumen Jalesveva Jaya Mahe. Bangunan berbentuk bundar yang menopang patung perwira inilah bangunan museum Jalesveva Jaya Mahe. Dengan ketinggian bangunan beton ini 29 meter.Fungsi bangunan ini sebagai museum dan tempat rapat.

    Bangunan pondasi Monjaya ini terdiri dari 4 lantai, masing-masing lantai memiliki koleksi dengan ciri khas tersendiri. Pada bagian dindin gedung terdapat diorama sejarah kepahlawanan TNI AL. Sejak zaman prarevolusi fisik sampai tahun 1900an.

    Di museum ini kita belajar mengenai sejarah TNI AL Indonesi. Dan sekaligus brolah raga, karena antara lantai hanya dihubungkan dengan anak tanggan. Sewaktu tulisan ini dibuat belum ada lift.

    Bagi anda yang berkunjung ke Monjaya, terlebih dahulu menghubungi menghubungi Dinas Pembinaan Potensi Maritim Armatim (DISPOTMAR KOARMATIM), atau DISPEN KOARMATIM di jalan taruna no. 1, dengan pesawat telpon (031) 320 1519, 320 1176 329 2706, karena di kawasan Monjaya banyak rahasia negara yang harus di jaga.

  21. Monumen Kapal Selam
    Monumen Kapal Selam

    Monumen Kapal Selam

    Diantara monumen-monumen yang ada di surabaya, monumen kapal selam salah satu monumen hidup yang wajib dikunjungi. Pengertian monumen hidup disini adalah monumen dengan wujud aslinya. Monumen kapal selam ini wujud asli dari eks KRI Pasopati 410, bukan replika, kapal selam ini dulunya merupakan salah satu kapal selam di Armada RI Kawasan Timur.

    Ada fakta menarik tentang monumen kapal selam, ternyata di dunia ini hanya ada 2 monumen kapal selam salah satunya berada di kota surabaya. Keren bukan!.

    Monumen Kapal Selam (Monkasel) berada di bantaran kalimas, di jalan pemuda. Lokasi kapal selam tidak jauh dari taman BMX.

    Monumen Kapal Selam dibuka ;

    Senin s/d Jumat mulai pukul                          :  08.00 s/d 21.00 WIB

    Sedang pada Sabtu s/d Minggu mulai pukul :  08.00 s/d 21.00 WIB

    Untuk keterangan lebih lanjut anda dapat menghubungi telepon Hotline Service : 031-5490410/5353284.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s