5 Obyek Wisata Alam Di Surabaya

Pada awalnya kita sempat bertanya pada diri sendiri, “benarkah surabaya memiliki obyek wisata alam? Pertanyaan itu muncul lantaran kita tidak pede dan saat itu belum mengetahui, bahwa lokasi wisata yang kita kunjungi termasuk obyek wisata alam.

Obyek wisata alam identik dengan lokasi berupa gunung, hutan dan pantai. Kota surabaya memang tidak memiliki obyek wisata gunung, karena letak geografis surabaya di tepi laut. Oleh karena letak georafis pula kota surabaya memiliki lokasi wisata berupa pantai dan selat.

Dan meskipun kota surabaya kota ke 2 terbesar di Indonesia, kota surabaya masih miliki hutan.

Telaga Taman Flora Wonorejo

Telaga Taman Flora Wonorejo

Disamping obyek wisata alam, kota surabaya juga masih memiliki ada obyek wisata bernuansa alam. Dengan mengunjungi lokasi wisata bernuansa alam, anda bisa mengajak anggota keluarga anda layaknya berpetualang di alam bebas.

Boleh dikatakan Kota surabaya memiliki beragam pilihan wisata alam. Inilah 5 Obyek Wisata Alam Di kota surabaya.

  1. Ekowisata Mangrove 

    Inilah obyek wisata berupa hutan mangrove. Kota surabaya memiliki 2 lokasi ekowisata Mangrove, ekowisata mangrove wonorejo dan ekowisata mangrove gunung anyar. Kedua obyek wisata alam ini berlokasi di timur kota surabaya. Ekowisata mangrove ini memiliki konsep menikmati suasana hutan mangrove beserta kuliner khas mangrove. Anda kan diajak menikmati suasana hutan mangrove dengan menyusuri sungai hingga ke muara. Sepanjang sungai dan sekitar muara tersebut terhampar pemandangan hutan mangrove berserta faunanya. Di hutan mangrove ini terdapat 147 spesies burung dan populasi kera laut atau monyet berekor panjang. Selanjutnya perjalanan menyusuri sungai berhenti di muara sungai, disini terdapat pos pantau yang digunakan untuk istirahat dan menikmati makanan ringan khas hutan mangrove.

  2. Pantai Kenjeran 

    Pantai Kenjeran terletak disebelah timur laut kota surabaya. Terdapat 2 lokasi pantai kenjeran ; pantai kenjeran lama dan kenjeran ria (kenpark). Perbedaan kedua pantai ini terletak pada fasilitas penunjang rekreasi. Kenjeran Ria memiliki fasilitas penunjang rekreasi lebih lengkap daripada saudara tuanya, kenjeran lama.

    Pantai kenjeran memang bukanlah tergolong pantai yang indah. Warna lautnya tidak menarik, tidak berwarna biru jernih. Demikian juga dengan bibir pantainya bukan berupa pasir yang halus yang nyaman untuk bermain air, melainkan di dominasi bebatuan.

    Bagaimanapun juga pantai kenjeran merupakan lokasi yang menarik untuk wisata alam. Tempatnya mudah dijangkau, serta di topang dengan berbagai fasilitas penunjang rekreasi, menjadikan pantai kenjeran tempat favorit bagi warga surabaya.

    Pantai kenjeran lebih sering dikunjungi, jika ada acara-acara tertentu, seperti drag race, moon cake festival, acara pelepasan lampion dimalam bulan purnama pada pertengahan bulan september dan masih banyak acara lainnya.

  3. Selat Madura 

    Untuk menikmati suasana selat madura yang indah, ada beberapa pilihan tempat yang wajib anda kunjungi. Lokasi-lokasi tersebut antara lain ; Pantai Batu, Jembatan Suramadu, Monumen Jalesveva Jayamahe atau Artama III.

    • Pantai Batu. Lokasi pantai batu ini berada dikaki jembatan suramadu. Sebelum anda masuk ke jembatan suramadu, anda ambil jalur kiri. Jalan ini menuju  ke bawah jembatan suramadu. Di lokasi pantai batu ini tersedia perahu yang dapat disewa untuk pesiar ke sekitar jembatan suramadu atau menuju pantai kenjeran. Perahu ini beroperasi pada hari sabtu dan minggu. Dari atas perahu anda bisa menikmati pemandangan selat madura atau panorama jembatan suramadu.
    • Jembatan SuramaduJembatan Suramadu menghubungkan antara kota surabaya dengan pulau madura. Dari jembatan suramadu ini kita bisa melihat panorama selat madura yang elok. Namun perlu di ingat anda tidak diperbolehkan berhenti di tengah jembatan, kita hanya bisa menikmati pemandangan selat madura dari atas kendaraan.
    • Monumen Jalesveva jayamaheBangunan Jalesveva jayamahe merupakan bangunan tertinggi yang berdiri di tepi selat madura. Monumen Jalesveva Jayamahe terdiri dari 2 bangunan ; patung dan bangunan museum. Bangunan Museum ini menopang patung perwira yang berada diatasnya. Dari lantai atas museum inilah, atau atap museum kita bisa menikmati selat madura.
    • Artama III (tiga). merupakan layanan kapal wisata bahari. Rute pelayaran wisatanya menyusuri selat madura, mengunjungi pulau karang jamuang di selat madura, serta mengunjungi obyek-obyek wisata surabaya yang berada di sekitar selat madura, seperti Jembatan Suramadu, monumen jalesveva jayamahe, kantor adminitrasi pelabuhan Tanjung perak serta berbagai aktivitas lainya.
  4. Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya

    Lokasi taman satwa kebun binatang surabaya di seberang utara terminal joyoboyo. Pintu masuknya menghadap obyek wisata Patung Suro dan Boyo. Kedua binatang tersebut lambang kota surabaya. Lebih tepatnya kebun binantang surabaya ini beralamat di Jalan stail no. 1 surabaya.

    Pintu Masuk Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya

    Pintu Masuk Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya

    Kebun binatang surabaya ini merupakan salah-satu obyek wisata yang tergolong wisata bernuansa alam di surabaya, selain taman kota. Di lokasi wisata ini kita tidak hanya mengunjungi sebuah kebun binatang saja, melainkan juga sebuah kebun rayanya surabaya. Berkunjung ke kebun binatang surabaya kita disuguhi koleksi satwa yang berjumlah sekitar 4000 an, termasuk didalamnya satwa langka di dunia, maupun di Indonesia. Dan kita juga di suguhi koleksi tanaman yang juga langkah di Indonesia. Begitu banyaknya koleksi tanaman di kebun binatang surabaya menjadikan lokasi obyek wisata ini sebagai paru-paru kota surabaya.

    Selain koleksi flora dan fauna kebun binantang surabaya juga dilengkapi dengan fasilitas bermain, serta hiburan pada acara-acara tertentu.

    Perahu wisata di taman prestasi

    Perahu wisata di taman prestasi

  5. Taman Kota. Surabaya  memiliki begitu banyak taman kota, taman-taman tersebut tersebar disetiap sudut kota. Dari sekian banyaknya taman kota tersebut, beberapa taman kota dibawah ini cocok untuk wisata alam, karena memiliki nuansa alam yang kental.  Berikut ini nama-nama taman tersebut :
    • Taman Prestasi Taman Prestasi ini mengeksploitasi kekayaan alam surabaya yang berupa sungai, sungai kalimas namanya. Di taman kota ini tersedia fasilitas wisata air, tersedia perahu bagi pengunjung taman untuk menyusuri sungai kalimas.
    • Taman Ekspresi Sama halnya dengan taman prestasi, taman ekspresi ini juga memanfaatkan sungai kalimat sebagai daya tarik untuk rekreasi. Di taman ekspresi tersedia semacam balkon dan tempat duduk menghadap sungai kalimas, sehingga pengunjung taman dapat menikmati pemandangan sungai kalimas, beserta segala aktivitas yang ada di sungainya.
    • Taman Flora Bratang Taman flora bratang merupakan taman kota yang layaknya sebuah kebun raya mini dan kebun binantang mini. Taman kota yang satu ini memiliki  kerapatan vegetasi (tanaman) yang lebih tinggi dan keragaman jenis vegetasi dari pada taman kota yang lain. Disamping itu taman ini juga memiliki koleksi  binantang. Terdapat rusa, ikan dan beragam jenis burung.
    • Taman Flora Wonorejo Sedangkan kelebihan taman flora bratang dibanding dengan taman-taman kota sebelumnya, terletak pada telaga. Taman flora wonorejo memiliki telaga yang indah, dikelilingi joging track, serta dihiasi beragam tanaman hias yang kian mempercantik telaga taman.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s