Kampung Ilmu

Wisata Pendidilkan-Kampung Ilmu

Wisata Pendidilkan-Kampung Ilmu

Jl. Semarang No. 55, Telp (031) 545 1359, Surabaya Pusat

Anda hobi membaca, haus akan ilmu pengetahuan? tempat yang satu ini, wajib anda kunjungi yakni Kampung Ilmu, surga bagi pembaca buku bekas berkualitas. Buku-buku lawas yang sudah sulit ditemui di toko-toko buku, atau sudah tidak dicetak lagi, dapat anda temukan di Kampung Ilmu. Lokasinya berada di jalan semarang no 55,  tidak jauh dari Stasiun Kereta Api Pasar Turi.  Jaraknya Kira-kira jaraknya 500 meter.

Kampung Ilmu merupakan sentra penjualan buku-buku bekas, mulai buku-buku umum, pelajaran, majalah bekas hingga komik. Dan Tempat penyedia buku murah di surabaya dan sekitarnya. Tak heran jika kampung Ilmu menjadi jujukan bukan hanya mahasiswa dan warga surabaya, melainkan warga dari kota-kota disekitar Surabaya. Warga dari kota Lamongan, Bojonegoro, Gresik, Tuban dan lainya juga berburu buku bekas dan buku murah. Sebenarnya tidak hanya buku bekas yang dijual di kampung ilmu, melainkan juga buku murah, buku yang tergolong keluaran baru, namun harganya ramah dikantong. Hal itu disebabkan para pedagang langsung kulakan ke penerbit dengan harga cash.

Kampung Ilmu didirikan pada tanggal 16 maret 2008 oleh Serikat Pedagang Kaki Lima Bubutan (SPKB). Sebelumnya mereka berjualan di sepanjang Jalan semarang, kemudian digusur oleh Pemkot. Para pedagang ini lantas berjuang minta mereka direlokasi. Singkat cerita, perjuangan para pedagang berhasil, mereka kemudian di relokasi ke tempat sekarang ini, dan terbentuklah Kampung Ilmu. Dengan beranggotakan 84 pedagang.

Kampung Ilmu menempati lahan seluas 6.000 meter persegi milik Dinas Pekerjaan Umum (PU). Stan-stan buku menyebar di sekeliling kampung ilmu. Mulai dari stan berukuran kecil, maupun stan berukuran besar. Selain itu juga terdapat bangunan pendapa berbentu joglo di tengah-tengah kawasan kampung ilmu.  Banguan joglo ini banyak dimanfaatkan sebagai tempat diskusi oleh LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) dan Mahasiswa, atau pengunjung bersantai melepas lelah, setelah berkeliling stan, sambil mengudap jajanan di kantin sebelah pendopo.

Selawat ber-wisata Pendidikan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s