Pasar Ampel

Little Istambul

Pasar Ampel

Pasar Ampel

Gang Ampel Suci

Di kawasan kampung arab terdapat 2 lokasi pasar yang sama-sama dikenal dengan sebutan pasar ampel. Keduanya berlokasi tidak jauh dari Masjid Ampel.

Lokasi Pasar Ampel yang pertama berada di jalan Ampel Masjid No 53, Pasar ini berbentuk Bangunan seperti supermarket, Sedangkan pasar Ampel satunya berada di lorong gang Ampel Suci. Dimana kiri dan kanan lorong ini berjajar pedagang-pedagang keturunan Arab-Yaman. Suasana dan kondisi Pasar ini seperti Pasar Bong.

Produk yang dijual kedua Pasar Ampel ini tidak jauh berbeda. Pasar Ampel berupa bangunan menyediakan produk yang lebih lengkap, produk-produk kebutuhan sehari-hari produk semacam ini tidak akan anda dapatkan di Pasar Ampel gang Ampel Suci.

Sedangkan yang kami maksudkan dengan Pasar Ampel di tulisan ini ialah Pasar Ampel yang berlokasi di gang Ampel Suci. Selain disebut Pasar Ampel, Pasar ini juga disebut dengan Pasar Seng atau Pasar Gubah.

Akses menuju Pasar ini melalui Jalan Sasak, sepanjang jalan sasak banyak kita temui pedagang-pedagang Kitab. Di tengah-tengah jalan sasak ini berdiri Gapura Ampel Suci yang berusia Tua, Gapura ini bernama Gapura Munggah, simbol dari rukun Islam yang kelima yaitu Haji. Gapura inilah pintu masuk Pasar Ampel.

Pintu Masuk Pasar Ampel

Pintu Masuk Pasar Ampel

Ujung Lorong Pasar Ampel ini menuju Masjid Ampel, sebelum masuk area Masjid Ampel sekali lagi kita temui dan lewati pintu gerbang berupa gapura. Gapura ini merupakan pembatas area pasar dengan area Masjid Ampel. Gapura ini bernama Gapura Poso arti Gapura Puasa.

Gapura Poso

Gapura Poso

Produk-produk yang dijual di Pasar Ampel didominasi produk perlengkapan Ibadah Umat Islam, atau produk berciri khaskan timur tengah. Pantas saja wisatawan manca negara memiliki sebutan lain, selain pasar seng atau pasar gubah, mereka kerap menyebut Pasar Ampel dengan sebutan Little Istambul, alasan mereka karena kondisi dan produk yang dijual mirip dengan Pasar Di Istambul.

So bagi kawan-kawan yang belum berkesempatan traveler ke Istambul, ada baiknya berkunjung ke Pasar Ampel terlebih dahulu, gimana…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s