Makam WR Supratman

Jl.Kenjeran, Surabaya Timur

Dalam perjalanan wisata sebelumnya, kita berkunjung ke Museum Rumah Wafat WR. Supratman, maka kali ini kita berkunjung ke Makam WR. Supratman di jalan kenjeran. Jarak tempuh antara Museum Rumah Wafat WR. Supratman dengan makam WR. Supratman tidaklah terlalu jauh. Jika Rumah tempat WR. Supratman meninggal berada di tengah kampung, maka berbeda dengan Makam Pecipta Lagu Indonesia Raya ini yang berada di pinggir jalan raya kenjeran. Tepatnya di sebrang jalan dari Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rangkah, dekat POM Bensin. Dulu jasad WR. Supratman dimakamkan di tempat pamakam Umum Rangkah, kemudian dipindah ke tempat sekarang pada tahun 1954.

Komplek Makam WR. Supratman cukup luas, terawat dan teduh oleh rimbunan pohon kamboja dengan bunga warna merah dan putih, didalam komplek makam ini terdapat 4 bangunan; cungkup, pusara, tembok prasasti dan Monumen WR. Suratman. Bangunan-bangunan tersebut menjadikan Komplek Makam WR. Supratman lebih utuh dalam mengambarkan sosok WR. Suprataman, serta dalam mengambarkan perjuangan Beliau.

Bangunan Cungkup ini berbentuk joglo, sebagai pelindung pusara WR. Supratman disemayamkan dan bagi peziarah.Bangunan pusara WR. Supratman sendiri berbentuk unik berupa siluet biola pada bagian tengah pusara, serta sepenggal syair Lagu Indonesia Raya dibawah siluet biola. Batun nisan pusara ini cumak satu dengan ornamen matahari.

Di sebrang Cungkup berdiri tembok prasasti yang berisikan riwayat komponis pencipta lagu Indonesia Raya. Dari sini peziarah makam WR Supratman bisa mengetahui riwayat hidup dan perjuangan WR. Supratman melawan penjajah belanda dengan biolanya.

Disamping tembok prasasti berdiri Monumen WR. Supratman dengan pose memainkan biola dengan latar belakang teks syair lagu Indonesia Raya versi aslinya. Teks ini terpahat di dinding, ejaan teks ini menggunakan ejaan lama.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s