Museum Bank Mandiri

Bank Escompto

Jl. Kembang Jepun 170

Foto Museum Bank Mandiri lainya

Museum Bank Mandiri ini berada satu gedung dengan Bank Mandiri Cabang Kembang Jepun. Area museum menempati lantai 1 (satu), sedang lantai 2 di gunakan untuk operasional Bank Mandiri.

Gedung Bank Mandiri dibangun oleh arsitek Belanda bernama Marius J. Hulswit pada tahun 1928. Beliau juga arsitek gedung-gedung Bank Escompto di kota besar lainnya, seperti Batavia, semarang, bandung dan yogyakarta. Bangunan terkenal lainya ialah Javache Bank yang letaknya tidak jauh dari Bank Mandiri ini.

Museum ini mengisahkan sejarah perjalanan Bank Mandiri, sejak bernama Bank Escompto hingga berubah menjadi Bank Mandiri. Awal didirikanya pada tahun 22 agustus 1857 Bank ini bernama Netherlandsch Indische Escompto matchappu di belanda. Pada tahun 1859 membuka cabang di kota besar Hindia Belanda termasuk di Kembang Jepun. Lalu pada tahun 1949 berubah nama menjadi Escompto Bank NV. Pemerintah Indonesia mengambil alih bank ini pada tahun 1960 dan merubah namanya menjadi Bank Dagang Negara, kemudian tgl 9 oktober 1998 Bank Dagang Negara dimerjer menjadi Bank mandiri.

Koleksi museum Bank Escompto meliputi peralatan dan perlengkapan sebuah Bank, mulai dari arsip, surat perjanjian, brangkas kuno, mesin ketik kuno, foto-foto tentang bank mandiri, bangunan kuno di surabaya dan tokoh-tokoh sejarah.

Tokoh sejarah yang terkait dengan Bank Mandiri ini ialah HR. Muhammad. Untuk mempersiapkan dana pertempuran surabaya, atas informasi dari dr Samsi selaku menteri Keuangan pada masa itu, HR muhammad mengedor Bank Escompto dan mengambil uang sebanyak 100 juta gulden. 35 juta gulden diberikan kepada Presiden Soekarno, serta sisanya digunakan untuk persiapan dana pertempuran surabaya.

Dalam sebuah pertempuran ada dua elemen yang memegang peranan sangat penting yaitu DANA PERANG dan PERSENJATAAN, dana persenjataan didapatkan dari Tangsi Don Bosco yang dikenal sebagai gudang arsenal senjata jepang terbesar se Asia Tenggara, sedangkan DANA PERANG didapatkan di gedung ini, Bank Escompto yang kini menjadi Bank Mandiri.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s