Pasar Pabean

Jalan Songgoyudan  No. 77

Pasar Pabean

Pasar Pabean

Pasar Pabean berlokasi di Jalan Songgoyudan dan berbatasan dengan Jl. KH. Mansyur. Di mana dulunya di zaman hindia belanda Jalan Songgoyudan merupakan kawasan pecinan, sedangkan Jl. KH. Mansyur (dulu namanya Kampementstraat) termasuk kawasan etnis arab. Sekarang kedua kawasan banyak didiami oleh etnis madura.

Produk-produk yang dijual oleh pasar tradisional ini tergolong lengkap. Mulai dari sayuran, aneka daging, buah-buahan, makanan kuliner, pakaian, ikan segar, rempah-rempah dan lain sebagainya. Di antara aneka produk tadi, produk andalan pasar ini adalah, bakwan, manisan, ikan segar dan rempah-rempah. Khusus produk ikan segar dan  rempah-rempah, pasar pabean terkenal sebagai pasar ikan segar dan pasar rempah-rempah terbesar di surabaya. Pusat perkulakan ikan segar dan rempah-rempah untuk dijual kembali di pasar tradisional lainnya.

Beragam produk-produk yang tersedia di pasar pabean berada di area-area tertentu. Area depan, dari arah timur pasar, begitu masuk ke dalam pasar kita akan menjumpai pedagang rempah-rempah. Dengan kondisi bau menyengat dan mata pedih, imbas dari campur aduknya bau rempah-rempah. Bau bawang merah dan putih cabe dan rempah-rempah lainya berbaur menjadi satu.

Di belakang pasar tempat keberadaan pasar ikan. Lokasi stan pedagang ikan ini meluber hingga meluber di jalan panggung. Berdekatan dengan toko-toko minyak wangi. Kalau kondisi area rempah-rempah dengan bau menyengat, kondisi area ini bau amis dan lantai becek.

Arah selatan pasar, keluar dari bangunan utama pasar pabean, tersedia produk sayur-mayur, buah-buahan, aneka daging dan makanan kuliner berupa kue basah, manisan serta bakwan.

Sedang di arah utara pasar, kebanyakan pedagang menjual pakaian, sarung, jilbab, sepatu dan lain lain.

Selain sebagai pusat perkulakan ikan segar dan rempah-rempah, di hari imlek pasar tradisional ini banyak dikunjungi orang untuk belanja makanan khas imlek.

Mengingat beragamnya produk-produk yang tersedia di pasar ini, dapat di katakan aktivitas belanja pengunjung pasar terjadi dalam 24 jam. Area produk rempah-rempah, sayur dan pakaian ramai dengan pengunjung pasar dari pagi hingga menjelang sore.  Di siang hari pengunjung area produk rempah-rempah, sayur dan pakaian tidak sepadat pagi hari. Sedang aktivitas pasar ikan di mulai menjelang sore hingga pagi hari. Menjelang sore hari jalan panggung penuh dengan aktivitas bongkar ikan yang datang dari luar kota surabaya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s