Pura Agung Jagat Karana

Jl. Lumba-lumba No.1. Surabaya Utara

Patung Dewi Saraswati

Patung Dewi Saraswati

Pura Agung Jagat Karana merupakan tempat ibadah untuk umat Hindu yang berada di Surabaya dan sekitarnya. Selain untuk tempat beribadah dan perayaan hari besar umat Hindu, lokasi ini juga mempunyai daya tarik sebagai tempat wisata surabaya yang banyak dimanfaatkan pengunjung melihat beberapa prosesi peribadatan pada hari besar umat hindu, sabtu malam dan malam bulan purnama. Atau pengunjung melihat keindahan ornamen pura dan perlengkapan peribadatan hanya di sekitar gapura depan. Selain umat Hindu dan tidak sedang dalam keperluan untuk beribadah, pengunjung pura ini tidak diperkenankan oleh petugas untuk  memasuki  bagian dalam kawasan pura.

Di area depan gerbang pura terdapat sebuah Patung Dewi Saraswati. Sebuah patung yang artistik dan menggambarkan sosok wanita yang sangat cantik. Sang Dewi ini berdiri diatas kelopak bunga teratai dengan sepasang angsa yang menemaninya. Berhias mahkota yang berwana emas dan memiliki empat tangan yang memegang tasbih, peralatan musik semacam gitar dan gulungan kertas.
Pembangunan Pura ini mulai pada tahun 1968, dengan luas lahan7.703 m2.  Bangunan Pura terdiri dari Mandala Utama (Jeroan), Mandala Madya (Jaba Tengah) dan Mandala Nista (Jaba Luar) dengan sarana persembahyangan berupa tempat pemujaan utama dan sarana pendukung lainnya Pura ini difungsikan pada tanggal 29 November 1969, peresmiannya pertama kali dilakukan oleh Kepala Staf KODAMAR V Komodor Laut R. Sahiran tepatnya pada hari Saraswati.

Ditahun 1987 , Pura ini mengalami pemugaran  selanjutnya pada tanggal 20 September 1987 diresmikan oleh Gubernur KDH Tingkat I Jawa Timur Bpk. WAHONO, penggunaannya kembali pada tanggal 26 Sepetember 1987.

Dari berbagai sumber.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s