Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu sisi jalur Sepeda motor

Jembatan Suramadu sisi jalur Sepeda motor

Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (tepatnya kota Surabaya) dengan Pulau Madura (kabupaten Bangkalan, tepatnya timur Kamal). Nama “Suramadu” merupakan singkatan dari Surabaya dan Madura.  Jembatan Suramadu juga menjadi daya tarik bagi wisatawan. Pemandangan Selat Madura yang cantik pun terlihat sepanjang perjalanan.

Jembatan ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003, dan diresmikan pembukanya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 10 Juni 2009, dengan nama resmi Jembatan Nasional Suramadu. Panjangnya sekitar 5.438 meter dengan lebar kurang lebih 30 meter. Melintasi jembatan ini bagaikan berada di luar negeri. Megahnya desain jembatan berlatar langit biru yang indah memang membuat traveler dari luar Surabaya kepincut.

Untuk bisa melintasi Suramadu, Anda harus terlebih dahulu membayar Rp 30.000 untuk mobil dan Rp 3.000 untuk sepeda motor. Jalur antara keduanya dipisahkan dengan pagar setinggi sekitar 1 meter. Sayangnya, di sepanjang jembatan ada rambu-rambu dilarang berhenti. Jadi memang cukup sulit untuk bisa mengabadikan momen saat di tengah jembatan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s