Pelabuhan Kalimas

Pelabuhan Kalimas

Pelabuhan Kalimas

Pada umumnya masyarakat menyebut pelabuhan ini dengan nama Pelabuhan Kalimas. Sedangkan nama resmi pelabuhan ini, Pelabuhan Rakyat atau disingkat dengan Pelra.

Pelabuhan ini menarik untuk dikunjungi, karena memiliki pemandangan yang kontras, beda dan unik. Bandingkan pemandangan pelabuhan kalimas dengan pelabuhan tanjung perak yang berada disebelahnya.

Pelabuhan tanjung perak merupakan pelabuhan modern, dengan kapal-kapal modern dan aktivitas bongkar muat yang juga modern. Sedang pelabuhan kalimas merupakan pelabuhan tradisional, dengan kapal-kapal tradisional. Kapal model pinisi bercorak bugis masih bisa anda temukan disini. Bongkar muat pun terkadang masih tradisional, mengunakan buruh angkut.

Ada 2 jenis kapal yang bersandar di pelabuhan kalimas. Kapal layar motor (KLM) yang berbahan dasar dari kayu dan kapal motor (KM) yang terbuat dari besi. Rata-rata kapal-kapal tersebut berukuran 10 meter.

Kapal-kapal tersebut mengangkut bahan-bahan kebutuhan pokok ke daerah diluar pulau jawa. Biasanya daerah tujuan yang tidak bisa dijangkau oleh kapal-kapal besar.

Untuk berkunjung ke Pelabuhan Kalimas ini cukup mudah. Arahkan perjalanan wisata kita menuju jalan Kalimas Baru, selanjutnya ambil arah menuju lokasi penyebrangan Kapal, tujuan Ujung (surabaya)-Kamal (madura), namun sebelum mencapai Lokasi penyebrangan Ujung-Kamal kita akan mendapati Pintu Gerbang 3 Pelabuhan Kalimas. Inilah pintu gerbang Pelabuhan kalimas.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s