TAMAN SATWA KEBUN BINATANG SURABAYA

Jl. Stail No 1, Surabaya Selatan

Telp; (031) 567  8703

Pintu Masuk Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya

Pintu Masuk Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya

Taman Satwa Kebun binatang surabaya atau disingkat KBS, Tempat Wisata Surabaya ini adalah salah satu kebun binatang yang populer di Indonesia. Obyek wisata surabaya ini terletak di jalan stail no. 1 surabaya.

KBS memiliki berbagai jenis binatang tropis. Selain itu terdapat pula Aquarium, karatina toxidemi dan ruang nokturama (binatang malam). KBS merupakan salah satu kebun binatang terbesar seasia tenggara. Didalamya terdapat lebih dari 300 spesies satwa yang berbeda dan terdiri dari 4300-an binatang. termasuk di dalamnya binatang satwa langka di indonesia, maupun dunia. Satwa tersebutg terdiri dari mamalia, aves, reptil dan pisces.

KBS merupakan tempat wisata yang menarik karena faktor letaknya yang berada di tengah-tengah kota, diantara kesibukan kota metropolis ternyata masih dapat kita temukan tempat berbagai macam satwa yang sebagian besar biasanya hidup di alam bebas, hal ini dapat menjadi tolak ukur bagi manusia untuk tetap menjaga keseimbangan alam dalam melestarikan satwa.

Bagi anak-anak mengunjungi KBS merupakan bagian pendidikan yang secara tidak langsung berguna untuk mengenal berbagai macam satwa yang ada supaya tertanam sejak dini perasaan mencintai seluruh alam dan seisinya.

Selain itu, KBS merupakan taman satwa yang artinya tempat atau wadah dengan fungsi utama konservasi exsitus yang melakukan usaha perawatan dan penangkaran berbagai jenis satwa dalam rangka membentuk dan mengembangkan habitat baru sebagai sarana perlindungan dan pelestarian alam yang dimanfaatkan untuk mengembangan IPTEK serta untuk sarana rekreasi alam yang sehat.

Selama ini pada hari minggu atau hari-hari libur lainya, KBS selalu dipenuhi pengunjung yang datang dari berbagai daerah, kota, bahkan turis manca negara. Kalau di lihat sepintas perkembangan kebun binatang surabaya sangat baik dan pantas untuk dibanggakan sebagai obyek wisata di jawa timur dan di surabaya pada khususnya.

Sejarah Kebun Binatang Surabaya

Surat keputusan (SK) Gubernur jenderal Belanda no 40 tgl 31/08/1916 menjdadi dasar pendirian soerabaiasche Planten artinya  Kebun Botani dan Binatang Surabaya. Dibentuklah lah kepengurusan dengan sususnan Ketua Mr. JP Mooyman. Seketaris A.R. De Wild dan Bendahara P. Egas dan 6 orang anggotanya.

Pertama kali kebun itu dibangun pertama kali di kaliondo lalu dipindah ke jalan Grudo pada tanggal 28 September 1917, pertama kali kebun tersebut dibuka untuk umum dengan membayar tiket masuk pada bulan April 1918. Pada tahun 1920 Perusahaan Kereta Api Belanda Oost Java Stroomtran memberikan lapangan seluas 30.500 meter persegi untuk membuat kebun baru di kawasan Darmo.

Sayangnya pada 21 juli 1922 setelah menempati area baru, kebun hendak dibubarkan karena tingginya biaya operasional. Anggota dalam pengurusan kebun binatang enggan membubarkan kebun tersebut. Akhirnya pada 11 mei 1923 dibentuk perkumpulan Kebun Binatang baru dengan Mr Hoompas untuk tinggal di dalam kebun. Empat tahun kemudian kebun mendapat bantuan dari walikota surabaya DI Ikerman.

Pengurus kebun binatang berhasil membujuk Gemeente Surabaya agar menyediakan lahan tambahan untuk kebun, maka dibelilah lahan seluas 32.000 meter persegi lalu ditambah lagi hingga tahun 1940 total lahun kebun 85. 000 meter persegi. Kebun kemudian terus berkembang, disamping binatang-binatang asal indonesia juga banyak didatangkan dari luar negeri. Maka kebun tersebut tidak menjadi kebun biasa, tapi juga tempat perlindungan, pelestarian alam, pendidikan dan pelatihan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s