House Of Sampurna

Jl. Sampurna No.6, Surabaya. Telp 031 353 9000, Fax  031 353 9009.

Galeri Foto House Of sampurna

Galeri Foto House Of sampurna Lainya

House Of Sampoerna berada di lokasi “kota tua surabaya”, masuk wilayah surabaya utara. Kawasan ini dulunya merupakan pusat pemerintahan kota surabaya. Wajar apabila wilayah surabaya utara memiliki banyak bangunan cagar budaya. Bangunan House Of sampurna sendiri merupakan bangunan cagar budaya berusia lebih dari 141 tahun. Bangunan bergaya kolonial belanda ini dibangun pada tahun 1863.  

Awalnya komplek bangunan ini digunakan sebagai panti asuhan putra yang dikelola oleh orang belanda yang bernama Jongen Weezen Indirichting. Bangunan ini kemudian di beli oleh bapak liem See Tee, pendiri sampurna pada tahun 1913. Dan dijadikan rumah keluarga dan pabrik rokok kretek.

Bagi pendiri sampur, liem see tee, merupakan satu keharusan bahwa keluarga tinggal di dalam pabrik. Tak hanya hal ini membuatnya dapat mengawasi segala aspek kegiatan operasional pabrik, tapi juga sekaligus memberikan kesempatan bagi anak-anak lelaki liem see tee untuk belajar bisnis.

Di lokasi pabrik ini terdapat 2 rumah, rumah timur dan rumah barat, Di sisi lain rumah ini memiliki denah terbalik, bagai dilihat dari cermin (mirror copy)

Saat ini beberapa bangunan di house of sampurna berubah fungsi menjadi Destinasi Wisata Seni dan Budaya. Rumah utama keluarga sampurna kini menjadi Cafe, Paviliun keluarga menjadi Galeri Seni, dan Bangunan Pabrik rokok pada tanggal 9 otober 2003 sebagian menjadi Museum Sampurna. Sebagiannya lagi masih difungsikan sebagai pabrik rokok.

House Of sampurna memiliki jam operasional; setiap hari pukul; 09.00-22.oo WIB, Kecuali Hari Idul Fitri

Selain aktivitas museum dan galeri seni, sejak tahun 2009 House Of  Sampurna menggelar Surabaya Heritage Tour secara gratis. Mengunjungi bangunan cagar budaya surabaya dengan bus merah. Dengan rute reguler dan tematik. Bus merah ini dirancang mirip dengan trem.

Bagi tracker, peserta tur- yang ingin mengikuti Heritage Tour ini mesti mendaftar terlebih dahulu di ruangan depan cafe. Dengan jam operasional hari selasa-minggu, hari senin libur. Heritage Tour ini di mulai pukul 12 dan jam 3 sore.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s